Blogger Gak Usah Bingung, Inilah 7 Cara Mencari Ide Menulis Agar Bisa Bikin Artikel Setiap Hari

“Bro bagaimana sih kok bisa posting artikel terus setiap hari?”
“Lu dapet inspirasi dari mana sih kok bisa posting artikel setiap hari”

Pertanyaan-pertanyaan itu muncul dari teman-teman sejawat ngeblog, dari Facebook atau langsung mengutarakan pertanyaan nya kepada saya “bagaimana sih mencari ide menulis agar post artikel setiap hari”

Sebenarnya ide menulis itu datang dari mana saja dan kapan saja sob

Ada blogger yang menemukan ide dengan ngemil atau makan

Ada juga blogger yang mendapat idenya ketika lagi sendiri ‘cie jomblo' dan ada juga maaf yang mendapat idenya pada saat BAB

Nah tergantung bagaimana kalian bisa membuat otak kalian tenang, otak yang tenang maka akan menghasilkan sebuah ide-ide menarik yang bisa dijadikan objek menulis

Saya udah melakukan ketiga cara itu, kok belum dapat ide yah?

Seperti yang telah saya sebutkan tadi bahwa untuk menemukan ide menulis setiap orang berbeda-beda

Tetapi apakah ada cara lain agar bisa menemukan dan mendapatkan ide yang kita cari

Tentu saja ada, yaitu dengan beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan ide segar menulis. Dan tanpa mengeluarkan banyak biaya

7 Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel Blog


1. Membaca



Buku merupakan jendela dunia, itu pribahasa yang diajarkan oleh guru saya sejak masih duduk di taman kanak-kanak

Setelah dewasa, kini ternyata benar apa perkataan dari guru TK saya 15 tahun lalu jika buku memang adalah jendela dari ilmu pengetahuan yang ada di dunia

Untuk menemukan sebuah ide yang menarik, yang kita perlukan adalah dengan membuka jendela ilmu tadi agar ilmu tersebut dapat terserap dan akan sendirinya akan mendapatkan ide yang kita butuhkan

Apakah kita harus jadi rajin membaca?. Gak juga

Tapi aku gak suka baca gimana mas?. Gak juga harus suka baca

Lah terus gimana?, Gini nih apakah kamu ketika nulis artikel “bagaimana cara mengatasi ayam susah beranak” apakah kamu harus jadi seorang peternak dulu, gak juga

Caranya ya dengan baca buku seputar peternakan atau googling aja kalo gak mau repot mah. Perlu diperhatikan jika ayam itu gak beranak tapi berteluršŸ˜€

Dengan cara membaca buku, kita bisa mencari objek judul atau informasi dari buku tersebut untuk diangkat kedalam artikel kita nantinya. Bagaimana mau mencoba? Silahkan

2. Merenung dan Berpikir Dalam Ketenangan



Jika memang dari karakter dan kodrat kalian yang gak mau baca sebuah buku, maka solusi dan jalan keluarnya adalah dengan merenung dalam Ketenangan. Dan kosongkan pikiran, lalu berpikir lah

Gunakan masalah pribadi sebagai pokok pembahasan artikel kalian, curahkan semua isi hati dan pikiran kedalam artikel yang akan dibuat

Menulis adalah kegiatan yang memerlukan otak kanan untuk berpikir jadi jangan sampai otak kiri kamu ikut andil bagian untuk berpikir

Kenapa? Otak kiri lebih digunakan untuk hal pasti berupa hitung-hitungan dan kepastian

Semetara menulis butuh daya khayal dan kreatifitas. Jika kedua otak ini disatukan maka ketika kalian menulis akan timbul ketidak yakinkan dan sering menghapus tulisan indah kalian

Jangan!!.. biarkan saja pikiran ini mengalir dengan sendirinya. Lalu dengan cara apa agar otak kanan dan kiri tidak bercampur, jawabannya dengan merenung dan berpikir dalam Ketenangan

3. Cari Tempat



Dimana kalian menulis dan mendapatkan ide untuk menulis, kalau saya senang berada di tempat ketinggian yang sejuk ketika semilir angin menerpa tubuh ini

Yap, saya sering menghabiskan waktu di atas pohon, atap dan di sebuah tingkat rumah

Setiap orang beda tempat nyaman nya, carilah tempat yang paling nyaman untuk berpikir. Di WC boleh, di atap boleh tapi jangan di tengah jalan karena bahaya bisa ketabrak nanti

Jika pasangan atau pacar yang membuat nyaman maka pacaranlah agar kalian menemukan sebuah ide menulis

Terserahlah kalian mencari zona nyaman kalian mau dimana saja, tetapi tetap utamakan keselamatan

4. Jalan-Jalan



Jika otak kalian sudah panas dan mentok udah gak bisa menemukan ide lagi, maka jalan-jalan adalah cara yang paling tepat

Kalau Abang sendiri jalan-jalan kemana untuk mendapat ide? Kalo Abang sih sering dapet ide nulis ketika jalan-jalan naik diatas motor

Kan enak tuh, semilir ada terpaan angin dan sambil melihat jalanan dan pemandangan disekitar agar otak ini kembali fresh dan akan melahirkan ide kreatif nantinya

Jalan-jalan gak harus ke objek wisata! Camkan ini baik-baik. Banyak kok tempat indah selain di objek wisata dan itu gratis tis sampai puas. Contohnya pengunungan tempat kamu tinggal atau sawah dan kebun mungkin

5. Lihat Media Sosial



Inilah cara yang selama ini Abang lakukan untuk mencari sebuah ide baru yang fresh. Inti dari menulis artikel blog adalah mencukupi kebutuhan pasar atau pembaca

Dengan membuka medsos atau grup medsos kita akan jadi tahu apa yang sedang ngetren dan apa yang sering dicari dalam pembahasan di grup tersebut. Bahan bahasan inilah yang bisa kita jadikan materi blog kita

Saya lebih suka membuka grup Facebook hanya sekedar untuk mencari tahu apakah yang dibutuhkan dan yang lagi ramai dibicarakan. Topik yang sedang ramai inilah yang saya jadikan bahan menulis artikel saya. Dan terbukti ada pengunjung yang mau melihat artikel yang kita tulis

6. Ngopi Gan



Senjata para blogger untuk mendapatkan sebuah materi blog selanjutnya adalah dengan membuat tubuh kita rileks dan nyaman agar otak mau bekerja

Dengan cara apa ? Biasanya saya menggunakan media kopi dan cemilan yang membuat hati dan pikiran nyaman

Nulis itu ibarat nembak cewe gan, kita harus punya hati dan rasa suka terlebih dahulu baru berhasil diterima

Itu Sama dengan nulis, kita nulis dengan hati berbeda hasil nya dengan menulis bukan dengan hati. Seperti ada rasa yang berbeda

7. Piknik



Piknik disini bukan mencari taman lalu gelar tiker dan makan yah, tapi piknik disini adalah mencari hiburan agar diri ini senang, didalam diri yang senang maka akan timbul hati yang senang juga

Setelah hati senang maka pikiran akan terbuka lebar sehingga menghasilkan ide-ide menulis

Kurang piknik disinyalir menjadi penghambat para blogger untuk menulis. Hiburan bisa berasal dari mana saja. Bisa main game, olahraga, jalan-jalan atau pacaran tapi yang jomblo jangan iri yah

Sekian lah sedikit pengalaman yang bisa saya share agar teman-teman sekalian bisa mengaplikasikan nya dalam ngeblog

0 Response to "Blogger Gak Usah Bingung, Inilah 7 Cara Mencari Ide Menulis Agar Bisa Bikin Artikel Setiap Hari"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel