Otak Ips Harus Paham, 3 Sumber Utama Pendapatan Sebuah Negara


Dari informasi yang telah saya baca, ternyata banyak sekali sumber pendapatan pemerintah baik itu aset dalam maupun  dari luar negeri. Lalu dari mana saja sih sumber pendapatan pemerintah itu?

1. Penerimaan Perpajakan

Penerimaan perpajakan adalah semua penerimaan negara yang terdiri atas pajak dalam negeri maupun dari perdaganggan luar negeri.

Lalu dana perpajakan dalam negeri bersumber dari mana?

Sumber dana perpajakan dalam negeri berasal dari pajak yang dipungut oleh pemerintah, contohnya pajak penghasilan, pajak bumi bangunan, pajak barang mewah, pajak penjualan dan lain lain.

Sementara sumber dana perpajakan dari luar negeri atau perdagangan internasional berasal dari bea masuk dan bea keluar, bisa juga di sebut pajak import dan eksport. Untuk lebih lengkap-nya, kalian bisa lihat artikel tentang Pajak dan Istilahnya

2. Penerimaan Negara Bukan Pajak

Penerimaan negara bukan pajak atau (PNBP) adalah semua penerimaan yang bukan berasal dari pajak yang di terima oleh pemerintah pusat. Diantara nya adalah.

A. Penerimaan sumber daya alam

Negara kita adalah negara adidaya dalam keanekaragaman kekayaan alam. Sebenarnya indonesia kaya akan potensi tersebut, cuma kita masih belum bisa memanfaatkan semua itu untuk kemakmuran bersama

Perlu kalian ketahui, indonesia mempunyai banyak sekali sumber daya alam yang meraup keuntungan besar setiap tahunya. Sumber daya alam yang dikelola tersebut antara lain: Pengolahan minyak bumi dan Gas alam, Pertambangan umum, Perhutanan serta Perikanan merupakan komoditas penerimaan sumber daya alam yang indonesia yang menjadi unggulan saat ini.

B. Bagian pemerintah atas laba BUMN

Laba atau keuntungan yang di dapatkan oleh BUMN merupakan hak pemerintah, keuntungan yang didapatkan tergantung saham yang ada di BUMN itu sendiri.

Contoh perusaahan milik negara yang dijalankan sampai saat ini dan sangat membantu melayani masyarakat diantaranya PT.PERTAMINA, PLN, PT.KAI, dll.

C. Pungutan yang dikelola kementerian

Dalam hal ini bukan pungutan liar loh ya, sumber pungutan ini berasal dari pungutan yang dikelola kementrian atau lembaga yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat seperti bayar parkir, dana retribusi masuk wisata, dan sebagai nya.

D. Pendapatan badan layanan umum atau BLU

Pendapatan atas penjualan barang dan/ jasa produk instansi pemerintah guna meningkatkan pelayannan kepada masyarakat.

3. Hibah

Hibah atau memberi tanpa pengebalian atau bisa juga disebut bantuan. Hibah bisa dilakukan oleh negara atau orang dan kelompok untuk negara itu sendiri tanpa negara yang di hibahi membalas dana yang terhibah.

0 Response to "Otak Ips Harus Paham, 3 Sumber Utama Pendapatan Sebuah Negara"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel