Untuk Emak-Emak, Inilah yang Membuat Anak Tidak Betah di Rumah


Rumah adalah tempat kita untuk berteduh, beristirahat dan yang terpenting adalah rumah sebagai tempat berkumpul keluarga. Di sana lah akan tercipta suasana yang hangat dan membahagiakan hati

Namun, apa jadi nya jika penghuni rumah khusus nya kami para anak tidak suka dengan suasana rumah dan kami bosan serta tidak betah berlama-lama didalam rumah

Ada banyak alasan dan faktor yang mempengaruhi kenapa anak tidak betah berada diirumah dan lebih sering bermain sampai lupa waktu

1. Kurang Perhatian


Siapa sih yang tidak mau diperhatiin, semua orang entah itu anak-anak, remaja hingga dewasa tentu nya ingin diperhatiin walau hanya sedikit saja

Itu sudah lebih dari cukup jika memang rasa perhatian yang besar sulit sekali dimiliki dan dirasakan

Perhatian yang kurang dari orang tua menyebabkan anak akan mencari sesuatu yang membuat diri nya diperhatikan

Contoh nya mereka akan ebih suka bermain dengan teman, pacar atau sahabat yang mampu memberi mereka perhatian yang tidak bisa dikasih oleh kedua orang tua nya

Alhasil mereka akan tidak betah dan merasa kehidupan diluar rumah lebih menyenangkan karena mereka dapat apa yang mereka mau, yaitu perhatian

Jadi cara yang paling tepat diambil oleh anda para orang tua adalah kasih anak anda perhatian yang cukup

Caranya gimana? Ajak anak untuk berbicara, berbicara apa saja dan mintalah anak untuk terbuka

Dengan demikian anak akan merasa diperhatikan dan merasa ada sahabat baru yang mengerti dan menyayangi nya yaitu anda orang tua nya

Hal yang harus diperhatikan juga adalah jangan terlalu kepo, anak juga punya privasi yang harus dijaga kerahasiaan nya

2. Bosan


“Bosan banget nih dirumah mau ngapain, ah main aja “ pikiran seperti inilah yang sering di benak para remaja sehingga mereka tidak betah berada dirumah

Alasan kenapa remaja sering bosan berada di rumah bisa disebabkan karena hiburan di rumah kurang, tidak ada teman bicara, bingung mau ngelakuin apa, gak punya hobi yang menarik, dan kurang perhatian sehingga bosan

Bosan juga bisa disebabkan karena kurang piknik dan kurang hiburan di rumah, berilah hiburan yang menarik juga memiliki nilai positif yang akan membangun kepribadian anak menjadi lebih baik

Untuk mengatasi rasa bosan yang sering dialami remaja di rumah, inilah tindakan yang tepat diambil oleh orang tua salah satunya adalah. Memberikan hiburan dan mendukung hobi anak anda

Hiburan bisa berasal dari mana saja, bisa dari televisi, layar komputer, dan hobi yang menarik untuk digeluti

Dukunglah hobi yang dicintai anak anda, karena apa? Dengan adanya kegiatan yang positif khusus nya hobi yang menarik akan membuat anak anda terhindar dari hal-ha yangl negatif

Jika hobi anak anda makan, dukung lah dengan anda mengajak memasak bareng di dapur. Interaksi seperti inilah yang membuat anak menjadi betah dirumah

Jika anak anda hobi mengotakatik program komputer, maka dukunglah dengan menyediakan buku coding, WiFi yang lancar dan komputer tentunya

3. Orang Tua Yang Terlalu Sibuk


Dalam sebagian kasus kenakalan remaja sering disebabkan karena kurang nya pengawasan orang tua sehingga anak bebas bergaul dan bermain se-enak jidat mereka

Ujung-ujung apa? Anak akan tumbuh menjadi remaja yang amburadul, nakal, susah diatur dan akan menyusahkan dan membuat malu anda sebagai orang tuanya

Semua penjabaran diatas memiliki satu pertanyaan yang amat penting yaitu kenapa hal itu bisa terjadi? Jawaban singkat adalah karena orang tua terlalu sibuk

Mencari nafkah memang kewajiban kedua orang tua, namun perlu disadari bahwa ada waktu untuk bekerja dan ada waktu juga untuk mengurus anak. Jangan sampai gara-gara pekerjaan anak tidak terurus dan diperhatikan

Jadi prioritas kan lah keluarga dari pada pekerjaan karena apa? Bekerja untuk cari uang lalu apa gunanya uang itu. Untuk sekolah anak, yah anaknya aja gak bener

Untuk kebahagian anak, yah anak nya juga gak bahagia. Jadi uang tidak segalanya, keluarga la yang utama

4. Suasana Rumah Yang Menekan


Bagi ibu atau emak bapak yang sering marah-marah kepada anak nya walau hanya melakukan hal kecil

Dan sering mengatur yang terlalu ekstrim sehingga anak menjadi tertekan dan merasa kehidupan diluar rumah lebih menyenangkan dan membahagiakan

“Kamu gak boleh begini begitu dan lain-lain “ yah, apa-apa gak boleh

Sering tertekan dan merasa diperlakukan tidak seperti orang kebanyakan membuat anak cenderung akan melakukan hal-hal negatif sebagai pelampiasan. Contoh nya keluar rumah dan gak betah di rumah

Sering membanding-bandingkan kita dengan anak tetangga juga menyebabkan kan kemampuan dan daya kreatifitas kita berkurang dan enggan untuk tumbuh serta mengembangkan bakat tersembunyi kita

Seperti itulah gambaran singkat kenapa anak tidak betah di rumah, mungkin banyak sebab yang memengaruhi kepribadian anak. Karena setiap anak memiliki kepribadian dan perlakuan yang berbeda juga

Namun, perlu disadari jika kasih sayang dan perhatian itu penting agar anak tumbuh menjadi remaja yang baik dan membanggakan orang tua nantinya

0 Response to "Untuk Emak-Emak, Inilah yang Membuat Anak Tidak Betah di Rumah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel