Masih menjadi perdebatan! Bahaya Dan Dampak Buruk Tawas Bagi Kesehatan Ibu Hamil Dan Menyusui


Hy bunda, gimana kondisi si dede bayi yang masih ditunggu kedatangannya ke alam dunia. Sehat kan? Pasti sehat dong

Dan bagi pembaca yang belum hamil dan belum nikah gimana kabarnya. (“Kalo belum hamil kenapa baca?” Buat referensi dan pengetahuan kan gak papa.. hehehehe)

Terserah dah

“ lah nih lagi belum nikah ngapain baca? “Ya kan bukan buat aku, yang hamil kan om aku, eh Tante maksud nya. ( Ya udah Monggo dibaca)

Maaf sebelumnya, kenapa sih bikin artikel kaya gini?  Bikin khawatir aja

Begini ceritanya, dengerin yah

Penulis hanya ingin membagi sedikit pengalaman dan pengetahuan serta mengingatkan tentang bahaya tawas sebagai bahan kima. Udah itu aja

Kenapa? Gini yah, penulis miris melihat masih banyaknya penggunaan tawas sebagai penjernih air atau sumur dan sebagainya

Yang jelas jika tawas itu senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan

Walau nyatanya tawas adalah senyawa kimia rendah, bukan berarti aman masuk kedalam tubuh

Loh kok peduli amat mas!

Kalau bukan kita yang mengingatkan lalu siapa lagi. Apakah harus menunggu banyak nya korban berjatuhan dulu. Gak juga kan!
Oh gitu


*Pengertian Tawas*

Tawas (Alum) adalah kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal dan bersifat isomorf

Kristal tawas ini cukup mudah larut dalam air, dan kelarutannya berbeda-beda tergantung pada jenis logam dan suhu

Alum merupakan salah satu senyawa kimia yang dibuat dari dari molekul air dan dua jenis garam, salah satunya biasanya Al2(SO4)3. (Wikipedia)

Paham? Gak. Ya udah gak paham juga gak papa

Yang pasti senyawa aluminium adalah senyawa kimia yang berbahaya, menurut orang awam.


*Pengunaan*

Nah, penggunaan tawas yang umum di Indonesia ialah digunakan sebagai penjernih air minum dan penghilang bau badan. What? Air minum

Walau sebagian orang mengklaim bahwa tawas aman asal dengan dosis kecil. Aman pale lu

Pernah mendengar pepatah sedikit-sedikit menjadi bukit. Pepatah ini sama kaya tawas, sedikit-sedikit menjadi penyakit

Yap, tawas yang masuk kedalam tubuh walaupun sedikit, nanti akan mengendap dan berubah menjadi senyawa racun yang menimbulkan berbagai dampak buruk bagi tubuh

Ini Yang Terjadi Jika Makan Tawas



1. Keracunan


Hati-hati loh, tawas bisa menyebabkan keracunan

Seperti senyawa kimia lainnya, tawas juga merupakan senyawa racun bila dikonsumsi

Kandungan aluminium pada tawas amat berbahaya jika terus-menerus masuk kedalam tubuh

Efek jangka pendek bisa saja mengalami keracunan jika si aluminium sulfat ini larut dalam air yang kita minum dalam dosis besar

Dan efek jangka panjangnya ialah kerusakan hati, Yap. Hati adalah organ vital tubuh yang bekerja untuk menetralisir racun

Tanda seseorang keracunan dapat ditandai dengan muntah, dan mual serta rasa pusing dan sakit pada bagian perut

Alangkah baiknya nih bun, jika mengalami gejala diatas, segera pergi ke dokter yah

Jadi Selalu hati-hati ya bun, jangan sampai hal ini mengganggu proses kehamilan


2. Masalah Pencernaan


Nutrisi amat dibutuhkan oleh janin untuk berkembang loh bunda. Nutrisi didapat dari makanan yang makan ibu lalu disalurkan melalui tali pusar si anak

Lalu apa hubungannya tawas dengan asupan nutrisi ke janin?

Tawas, seperti kebanyakan senyawa kimia adalah benda asing yang merusak organ tubuh

Tawas yang mengendap akan merusak organ pencernaan berupa lambung, usus halus, usus besar dan sebagainya

Kerusakan organ pencernaan tentunya amat berbahaya bun. Organ yang rusak pastinya tidak akan berjalan seperti dalam keadaan normal

Hal ini akan berpengaruh pada proses pencernaan dan penyerapan nutrisi yang terhambat

Lalu jika sudah terhambat apakah kandungan bunda baik-baik saja. Tentu tidak bun

Kekurangan nutrisi pada ibu hamil sangat berbahaya karena dapat mengancam keselamatan dari si janin dan ibunya


3. Kerusakan DNA


DNA adalah suatu asam nukleat yang menyimpan segala informasi biologis yang unik dari setiap makhluk hidup dan beberapa virus

DNA merupakan singkatan dari deoxyribonucleic acid atau dalam Bahasa Indonesia disebut asam deoksiribonukleat

Intinya bun, DNA adalah melekul penyusunan sel pada manusia dan mahluk hidup lainnya

Tawas yang larut pada air yang kita konsumsi, selain menyebabkan keracunan, masalah pencernaan dan secara bertahap teryata bisa menyebabkan kerusakan DNA

Kerusakan DNA dapat menyebabkan penurunan imunitas tubuh. Hal ini akan menyebabkan ibu hamil mudah sekali terkena penyakit

Kerusakan DNA pada ibu hamil juga berpotensi menyebabkan kelainan dan mengancam keselamatan dari kandungan yang nantinya lahir


4. Sakit Kepala Yang Tak Kunjung Sembuh


Jika bunda kok akhir-akhir ini sering pusing mendadak dan sudah minum obat kok gak sembuh-sembuh

Alangkah baiknya bunda menghentikan dan stop mencampur tawas sebagai bahan penjernih air minum

Kenapa? Tawas seperti yang kami sebutkan diatas adalah bahan kimia berbahaya berbentuk kristal

Kristal-kristal ini sulit terurai dan amat
berbahaya jika terbawa oleh sel darah

Tertawanya kristal oleh darah akan berpotensi menyebabkan penyumbatan pembuluh darah

Pembuluh darah yang tersumbat tentunya gak bisa dilalui oleh darah yang seharusnya membawa oksigen ke otak

Otak yang kekurangan oksigen akan menyebabkan sakit kepala


*Tips gunakan tawas*


Bunda boleh kok menggunakan tawas untuk menjernihkan air. Namun air yang telah bercampur dengan tawas tidak boleh dan jangan sampai diminum

Serta gunakan tawas dengan dosis rendah karena di khawatirkan jika terlalu banyak akan menyebabkan hal-hal yang tidak di inginkan

Menilik kegunaan dan keburukan dari zat ini. Dimana keburukan atau dampak negatif nya lebih banyak, maka hindari lah bun.

0 Response to "Masih menjadi perdebatan! Bahaya Dan Dampak Buruk Tawas Bagi Kesehatan Ibu Hamil Dan Menyusui"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel