Sinopsis Di Antara Dua Sujud Karya Penulis Muhammad Irata, Rekomendasi Novel Islami Romantis Yang Keren Abis

Source www.dasaguru.com

Hanya ada rasa decak kagum, suka dan amat senang ketika aku selesai membaca novel karya penulis Muhamad Irata yang satu ini. Bagaimana tidak, novel yang cukup tebal ini telah membuat banyak perubahan besar dalam hidupku, terutama tentang iman, prinsip hidup, pandangan jodoh dan takdir Allah.

Baca juga artikel menarik lainnya: [Sinopsis Novel Islami Assalamualaikum Calon Imam]

Dari iseng membaca koleksi buku di Garamedia kemarin, aku jadi ingin membeli novel yang membuat penasaran ku berkecambuk kala itu. Novel islami, pas dengan kesukaan ku. Dan setelah aku baca, wow keren banget ternyata. Bagus benget.

Aku berani mengatakan keren banget karena novel yang satu ini memiliki alur cerita yang luar biasa bagus dan tidak mudah di tebak. Selain alur cerita yang luar biasa bagus, karakter dari masing-masing tokoh juga amat khas digambarkan dalam novel ini.

Alur cerita yang bagus tanpa dikemas dengan bahasa dan kata yang apik tentu tidak akan dikatakan bagus, begitu juga dengan novel ini. Novel yang satu ini dikemas dengan kata-kata dan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh pembaca. Hal ini tentu membuat para pembaca betah berlama-lama menatap buku yang dikatakan tebal ini.

Baiklah penasaran dengan jalan ceritanya?

... oke langsung aja, aku akan meringkas isi novel ini tentu dengan gaya bahasaku sendiri. Pastikan kalian membaca dengan cermat yah, hehehehe...

Sinopsis Novel di Antara Dua Sujud


Awal kisah novel ini menceritakan sebuah pertemuan kembali antara dua sahabat yang telah lama berpisah, Hafizhul Furqon dan Muhammad Aslam. Keduanya pernah nyantri bareng dipondok pesantren kyai muzhab di jawa timur. Dibesarkan dipondok pesantren membuat mereka berdua memiliki ilmu agama yang kuat.

Pertemuan tersebut terjadi di Danau Limboto Gorontalo, ketika Furqon singgah satu hari sebelum melanjutkan perjalanan-nya ke Manado. Ia singgah untuk mengunjungi kawan lamanya Aslam selain itu, ia juga singgah untuk membeli peralatan alat tulis untuk membantu penelitian dia nanti di Manado.

Diceritakan Aslam selalu mengingatkan kepada Furqon agar nanti ia  tidak tergoda imannya oleh pesona gadis Manado yang terkenal memiliki paras cantik. Ia juga menyinggung bagaimana kelanjutan lamaran yang Furqon utarakan kepada gadis bernama Zahra itu. Mereka juga berbincang tentang Negara Jepang yang selama ini Furqon kagumi. Setelah puas bertemu dan berbincang-bincang, keesokan harinya Furqon lalu terbang ke Manado.

Tujuan utama pemuda itu pergi ke Manado ialah satu, yakni untuk menyelesaikan penelitian tentang reklamasi tanah disana, guna merampungkan tugas sebagai mahasiswa akhir di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, Yogyakarta. waktu penelitiannya di Manado adalah enam bulan, namun Furqon berencana menyelesaikannya selama empat bulan saja.

Tepat di Bandara Sam Ratulangi Furqon melangkah kan kaki nya keluar dari bandara tersebut, namun tak sengaja ia mengalami insiden bertabrakan dengan seorang gadis asal Jepang. Hatinya berdesir dan jantungnya berdebar ketika sekilas melihat wajah gadis Jepang tersebut.

Ternyata gadis jepang yang selama ini ia kagumi begitu cantik jika di lihat secara langsung. Iya, Furqon tak seperti kebanyakan santri lain yanng suka dengan segala hal yang berbau timur tengah, ia lebih suka dan tertarik dengan negara  yang terkenal dengan sebutan negeri sakura tersebut. Semua hal tentang Jepang, entah itu kebudayaan-nya, orangnya, karya-karya-nya dan masih banyak lagi.

Namun, ada dua hal yang tak ia sukai dari Jepang, yakni mayoritas warga jepang ialah tidak mempercayai tuhan dan yang kedua adalah Jepang dikenal sebagai negara yang memproduksi film porno terbesar di dunia.

.....Pertemuan singkat dengan gadis Jepang itu masih membekas dihati Furqon.....

Di Manado ia menginap disebuah hotel bernama Hotel Central, ia bertemu dengan beberapa orang baru seperti Haura seorang resepsionis hotel cantik, Angel sebagai anak pemilik hotel yang tak kalah cantik, dan Maidon pacar Angel sekaligus kekasih gelap Haura.

Suatu hari ia bertemu kembali dengan gadis jepang yang tak sengaja menabrak ia dibandara disebuah seminar, ternyata ia adalah keponakan dari Hichiro Nakayama seorang ahli kontruksi Jepang yang tak percaya adanya kuasa tuhan. Gadis itu bernama Nayumi Sakura, singkat cerita Furqon menaruh hati pada Nayumi yang baru mengenal tuhan dan belajar sujud ketika bertemu dengan Furqon.

..........Konflik Novel..........


Haura yang menaruh hati pada Furqon


Haura adalah gadis cantik yang bekerja sebagai resepsionis, namun haura digambarkan sebagai gadis yang mengenal pergaulan bebas walau dia seorang muslim. Melihat Furqon ia terkagum dan menaruh hati padanya, alasannya ialah karena Furqon memiliki pengetahuan seputar agama sangat luas.

Kekecewaan Furqon mengetahui Nayumi adalah bintang panas


Hati Furqon hacur mendengar bahwa Nayumi ialah seorang bintang panas papan atas di Jepang, hatinya remuk, dan hancur. Nayumi sebenarnya sudah pensiun dan mulai sadar akan adanya kuasa tuhan. Namun ada yakuza yang menyekap adik Nayumi yang mengancam bahwa adiknya yaitu Miyari akan dijadikan sebagai bintang panas seperti dirinya nanti jika ia tidak kembali ke Jepang untuk melakukan sebuah kontrak film. Nayumi tak memiliki pilihan, Ia akhirnya kembali ke Jepang dan meninggal kan Furqon.

Savana gadis cantik yang berprofesi sebagai “ayam kam*us”


“Cerita ini tidak masuk ke cerita Furqon, namun masuk ke dalam cerita kisah cinta Aslam”
Savana adalah gadis cantik yang berprofesi sebagai ayam kam*us, namun ia mulai bertaubat setelah menerima amplop demi amplop secara berkala dari seseorang yang tidak diketahui itu siapa

Baru terungkap pada petengahan novel bahwa yang mengirim amplop itu ialah Aslam. Aslam diam-diam menaruh hati kepada Savana, namun mengetahui bahwa Savana merupakan  seorang pelacur ia mengurunkan niatnya untuk meikahi Savana

Kehidupan Savana diceritakan dengan tragis dalam novel, seperti apa akhir dari kisah savana? Silahkan kalian baca.

Maidon dengan niat jahat menculik Angel dan menjebak Furqon


Maidon adalah kekasih angel sekaligus pacar gelap Haura, Maidon memiliki rencana jahat yaitu menculik Angel lalu meminta tebusan kepada orang tua Angel. Rencana nya berhasil, namun karena adanya Furqon yang menjadi saksi kunci, ia merasa takut kejahatan-nya akan terungkap

Ia lalu menjebak Furqon dengan menaruh bungkusan ganja dikamar pemuda itu dengan bantuan dari Haura. Haura yang mengira bungkusan kotak itu ialah kado kemudian meletakan dikamar Furqon. Haura yang sangat terpesona dan ingin memberikan jiwa raganya untuk Furqon pun nekat masuk ke salam kamar Furqon secara diam-diam.

Setelah masuk ke dalam kamar, ia menunggu Furqon kembali. Di episode ini pembaca akan dibuat bingung, apa yang sebenarnya terjadi di kamar Furqon tersebut, apakah iman Furqon akan goyah dan menjamah tubuh Haura atau tidak?. Ganja telah diletakan, ke esokan harinya Furqon ditangkap oleh aparat kepolisian atas kepemilikan ganja.

Furqon dipenjara dan akan akan dihukum mati


Angel telah selamat dari penculikan berkat kesaksian Furqon yang menjadi saksi kunci atas hilangnya gadis cantik tersebut. Kini nasibnya penuh derita, dicap sebagai krimial yang akan dihukum mati, ia pasrah terhadap musibah yang menimpanya.

Kini satu-satunya saksi kunci untuk membebaskan Furqon adalah Haura, namun Haura sendiri tidak bisa di temukan setelah kejadian malam itu dengan Furqon. Kemana dia pergi? Tenyata ia menemui ibunya di kampung untuk menyerahkan uang untuk operasi ibunya, na’as pada saat itu Haura dicelakai oleh Maidon. Maidon sendiri ingin membunuh Haura agar kejahatannya menjebak furqon tidak terungkap.

Namun, Haura berhasil selamat dan kembali, akhirnya ia menjadi saksi kunci. Semua diceritakan, ternyata pada malam itu Furqon tidak menjamah Haura ia masih takut akan siksa Allah, ia hanya memberi uang kepada Haura untuk berobat ibunya. Haura kemudian bercerita bahwa Maidonlah dalang dari segala kejahatan yang menimpa Furqon. Furqon akhirnya bebas dari segala tuntutan.

Gempa di Jepang dan adik nayumi dititipkan ke Furqon


Gampa yang melanda Jepang mengakibatkan Nayumi meninggal dunia, namun adiknya berhasil selamat. Miyari, Gadis cantik itu kemudian pergi ke indonesia untuk bertemu dengan Furqon, orang yang telah merubah kakaknya.

Kisah ini selesai dengan ending menggantung, apakah Miyari menjadi istri Furqon atau tidak, saya tidak tau. Diakhir novel ini menceritakan Furqon sedang membaca sepucuk surat dari Nayumi yang berisi agar ia menjaga adiknya Miyari.................................

Kesan penulis:........................

Setelah membaca novel ini, penulis menyadari bahwa godaan iman yang selama ini penulis rasakan tidaklah sebesar apa yang Furqon rasakan. Dan penulis menjadi lebih tertantang untuk menguatkan kembali iman-iman yang belum sekokoh iman Furqon. 

Ceritanya sendiri menurut saya seperti kisah-kisah yang dibuat oleh Kang Abik, dimana mengisahkan seseorang yang mempunyai benteng iman sekuat baja walau tergoda oleh wanita. Nice saya suka, ini adalah bacaan yang berguna..............

0 Response to "Sinopsis Di Antara Dua Sujud Karya Penulis Muhammad Irata, Rekomendasi Novel Islami Romantis Yang Keren Abis"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel