Daftar 7 Sungai Terpanjang Di Jawa Tengah


Sungai merupakan kenampakan alam wilayah perairan yang keberadaannya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Apa saja manfaatnya sih? Oh tentu banyak.

Bagi manusia, sungai dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan seperti pertanian, olahraga, rekreasi, energi dan sebagainya.

Setiap wilayah di Indonesia dialiri oleh sungai. Salah satunya di Provinsi Jawa Tengah, di wilayah ini sungai terpanjang di nobatkan kepada Sungai Bengawan Solo. Bagi kalian yang penasaran apa saja sih sungai terpanjang di Jawa Tengah. Inilah dia!

1. Bengawan Solo (548,53 km)


Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Jawa tengah sekaligus terpanjang di Pulau Jawa. Sungai ini memiliki panjang 548,53 km dan mengaliri dua provinsi sekaligus yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bengawan Solo memiliki hulu di Lereng Gunung Lawu dan mengalir melintasi berbagai kota besar seperti Wonogiri, Solo, Ngawi, dan Bojonegoro sebelum akhirnya bermuara di Laut Jawa.

2. Sungai Serayu (180 km)


Sungai terpanjang kedua yakni Sungai Serayu yang memiliki panjang 180 km. Sungai ini berhulu di Lereng Gunung Prahu, Wonosobo dan bermuara ke Samudra Hindia, Cilacap.

Sungai Serayu menjadi kebanggaan tersendiri bagi beberapa kabupaten yang dilintasi nya, seperti kabupaten Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas dan Cilacap. Sungai ini dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik (Waduk Mrican) dan juga sarana olahraga seperti arum jeram.

3. Sungai Lusi (166 km)


Sungai Lusi mengalir dari Kec.Bulu Kabupaten Rembang sampai bertemu dengan Sungai Serang di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Sungai ini sendiri memiliki panjang sekitar 166 km dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) mencapai 3656,78 Km.

Sungai yang bermuara di kali serang ini melintasi beberapa kabupaten di Utara Jawa yakni Demak, Kudus, Blora dan Grobogan. Bagi warga disekitar sungai ini, mereka memanfaatkan Sungai Lusi sebagai sarana rekreasi dan olahraga.

4. Kali Progo (140 km)


Sungai Progo adalah sebuah sungai yang mengaliri dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, sungai ini menjadi batas alami Kabupaten Kulonprogo dengan Kabupaten Sleman dan Bantul.

Air sungai ini memiliki panjang 140 km dengan hulu/sumber air bersumber dari Lereng Gunung Sindoro-Sumbing yang  bermuara ke sebelah barat Pantai Kwaru. Disekitar muara sungai ini banyak terjadi penambang an pasir yang membuat erosi bibir sungai.

5. Kali Tuntang (139 km)


Sungai ini memiliki panjang 139 km dan mengaliri 3 kabupaten yakni Kota Salatiga, Kabupaten Semarang dan Demak, sumber mata airnya sendiri berasal dari Gunung Merbabu.

Yang menarik dari sungai ini adalah ternyata kebanyakan orang mengira bahwa hulu sungai berasal dari Danau Rawa Pening, padahal yang benar adalah hulu sungai ini berasal dari lereng Gunung Merbabu.

6. Sungai Pemali (125,4 km)


Sungai ini terletak di Kabupaten Bresbes, itulah kenapa sungai ini juga disebut Kali Brebes. Sungai Pemali memiliki panjang aliran sungai 125 km yang membentang dari Paguyangan, Brebes sampai bermuara di Laut Jawa.

Kenapa di namakan Sungai Pemali?

Penyebutan Pemali atau pantangan (bahasa Sunda) tak terlepas dari cerita Ciung Wanara yang berkelahi dengan saudara nya sendiri yakni Hariang Bangsa karena perebutan kekuasan yang kemudian di lerai oleh Prabu Permana. Karena berkelahi di tepi sungai dan Keduanya adalah saudara maka disebut lah Pemali bagi dua saudara untuk bertarung.

Keduanya kemudian diberi kekuasaan dengan batas Sungai Pemali, sebelah barat sungai Pemali menjadi bagian Wanara sementara bagian timur menjadi kekuasaan Hariang Bangsa.

7. Kali Comal (109 km)


Sungai terpanjang terakhir adalah Kali Comal yang memiliki panjang aliran sungai 109 km. Sungai ini berhulu di Lereng Gunung Slamet dan bermuara di Laut Jawa.

Sungai Comal menjadi sungai terbesar yang mengaliri Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Masyarakat dekat sungai ini banyak memanfaatkan keberadaan nya untuk memancing, menjala dan mengairi ladang atau sawah.

0 Response to "Daftar 7 Sungai Terpanjang Di Jawa Tengah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel