Daftar 7 Sungai Terpanjang Di Jawa Barat


1. Sungai Citarum (270 km)


Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat. Sungai ini memiliki panjang 270 km membentang dari kaki Gunung Wayang sampai bermuara di Laut Jawa.

Nama Citarum berasal dari dua kata, yakni ci atau cai yang berarti sungai dan tarum adalah sejenis tanaman penghasil warna nila. Dahulu tanaman ini banyak ditemukan di sungai ini.

2. Sungai Cimanuk (180 km)


Sungai Cimanuk merupakan salah satu ikon kota Indramayu, karena menjadi salah satu sungai terpanjang yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Total panjang sungai dari hilir ke hulu yakni 180 km

Mengalir dari hulu yang berada di sekitar Kabupaten Garut, kemudian melawati Kabupaten Sumedang, Majalengka hingga berakhir ke hilir di daerah Indramayu.

3. Sungai Citanduy (178,4 km)


Sungai Citanduy adalah sungai yang mengalir dari hulu yang terletak di Gunung Cakrabuana dan bermuara di Segara Anakan Kabupaten Cilacap. Sungai ini memiliki panjang sekitar 178,4 km.

Aliran Sungai Citanduy membentang melewati tiga kabupaten, Ciamis, Tasikmalaya dan Cilacap. Sungai ini menjadi batas alami antara dua provinsi, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Di Jawa Barat.

4. Sungai Cisadane (126 km)


Sungai Cisadane memiliki panjang 126 km aliran nya melintasi Kota Tangerang. Dulu, Sungai Cisadane dimanfaatkan para pedagang Tionghoa untuk berlayar masuk ke pedalaman Tangerang.

Sungai Cisadane memiliki luas DAS sekitar 154.654 ha dan melintasi sebanyak 44 kecamatan di 5 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kab. Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

5. Sungai Cibeet (121,5 km)


Sungai Cibeet memiliki panjang 121,5 km membentang dari hulu yang terletak di Gunung Lemo sampai bermuara di Sungai Citarum. Sungai ini menjadi batas alami antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang Jawa Barat.

6. Sungai Ciwulan (100,47 km)


Sungai Ciwulan adalah sungai terpanjang ke enam di Jawa Barat. Sungai ini memiliki panjang 100,47 km. Aliran nya membentang melintasi Kabupaten Tasikmalaya.

Hulu sungai Ciwulan terletak di Gunung Karacak yang memiliki ketinggian 1.838 mdpl dan bermuara di Samudera Hindia. Para warga sekitar sungai Ciwulan memanfaatkan sungai ini sebagai sumber pengairan, olahraga dan mencari ikan.

7. Sungai Cibuni (109 km)


Cibuni adalah sungai yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sungai ini memiliki panjang sekira 109 Km melewati Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur. Sungai Cibuni berhulu di lereng barat Gunung Patuha II di daerah Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung dan bermuara ke Samudera Hindia di Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur. Anak Sungai Cibuni juga berasal dari Gunung Kendeng dan Gunung Buleud.

0 Response to "Daftar 7 Sungai Terpanjang Di Jawa Barat"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel