Jangan Sampai Di Abaikan! Inilah Pentingnya Menghargai Orang Lain


Masalah hormat menghormati bangsa Indonesia adalah jagonya. Bangsa multikultural ini sangat mengedepankan nilai kesopanan dalam segala aspek kehidupan. Karena hal ini lah, negara kita dikenal dengan negara yang sangat ramah terhadap pendatang.

Namun, belakang an ini kebudayaan seperti itu nampaknya kian luntur tergerus zaman. Indonesia yang dulunya sangat menghormati dan menghargai orang lain kini sedikit-demi sedikit telah hilang. Kemana kebudayaan baik tersebut berada, entah dimana.

Kini orang-orang lebih suka menghina dari pada menghargai, sepertinya kebiasaan buruk ini sudah lazim ditengah masyarakat. Saya beranggapan bahwa hinaan sekarang ini seperti hal sepele yang dirasa lumrah dilakukan.

Semakin luntur nya rasa menghormati dan menghargai kian nampak oleh generasi sekarang ini. Saya sering nampak, anak muda zaman sekarang sudah tidak menaruh hormat nya lagi kepada orang yang lebih tua darinya. Mereka dengan mudahnya mengatakan kata-kata yang tak pantas di ucapkan seusia dirinya. Sekali lagi, mereka tak segan mengatakan kata hinaan kepada orang yang lebih tua darinya.

Membicarakan keburukan generasi sekarang seperti nya akan sangat lah panjang. Begitu kompleks nya masalah ini hingga pihak-pihak terkait sepertinya terkesan membiarkan. Hal ini karena begitu ribetnya mengurusi mereka, di nasehati sudah dilakukan namun sebatas mendengar kan, di kasari malah menjadi, di bentak malah ikut membentak.

Saya juga heran kenapa?

Kenapa hal ini bisa terjadi di negara kita, jika ini terus dibiarkan saya takut Indonesia akan hancur. Lebai? Ini tidaklah lebai mengingat masadepan negeri kita berada di tangan mereka generasi penerus bangsa.

Pentingnya Menghargai Orang Lain


Hakekat manusia ialah membutuhkan orang lain dalam hidupnya, hal ini sering disebut dengan makhluk sosial. Kita sadar bahwa dalam segala aspek kehidupan kita sangat membutuhkan orang lain, inilah yang dinamakan kesadaran sosial.

Kesadaran sosial membuat kita sadar bahwa kita hidup tidak sendiri, oleh karena itu sudah sepatutnya kita saling menghargai antar individu agar tercipta kerukunan dan terhindar dari permusuhan.

Menghargai orang lain sangatlah penting, inilah kunci kehidupan yang damai, tentram dan nyaman. Bukankah mendapat teman yang baik lebih bagus dari pada mendapat musuh. Mendapat kan teman itu sulit mendapat musuh sangatlah mudah.

Hargai orang lain maka ia akan menjadi temanmu, rendahkan orang lain maka ia akan menjadi musuhmu. Simpelkan. Dengan mudahnya kita bisa mendapatkan musuh 1, 2 bahkan 1000 pun akan sangat mudah dengan kita merendahkan mereka.

Sebagai makhluk sosial sudah menjadi kewajiban untuk menghargai orang lain. Setiap orang pasti ingin dihargai, kalian pun demikian kan. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang ingin direndahkannya oleh orang lain.
Sebenarnya gampang untuk dihargai oleh orang lain, saya memiliki tips nya untuk kalian.

Tips Agar Dihargai


1. Bersikap Ramah

Bersikap lah ramah kepada setiap orang, dengan demikian mereka akan nyaman berada di dekatmu. Bukan kah sangat tidak mengenakan jika bertemu dengan orang ketus, jutek, dan sombong. Dengan sikap ramah yang kita tunjukkan pasti orang lain akan menunjukkan keramahan tamahannya juga.

2. Tidak Menghina dan Merendahkan

Saya merasakannya sendiri tentang momen bagaimana di rendahkan dan di hina oleh orang lain, apalagi di depan banyak orang. Pasti hati ini terasa sangat kesal dengan ungkapan-ungkapan merendahkan yang dikeluarkan oleh orang tersebut. Jangan kan orang lain, orang terdekat pun jika berkata demikian hati ini terasa tidak rela. Walau mungkin, menurut mereka itu adalah candaan. Tetapi hindari lah menghina dan merendahkan orang lain dengan berbagai alasan. Jangan pernah!!!!

3. Peka atau Lebih Sensitif

Mampu melihat kondisi orang lain apakah dia sedang marah, murung, kecewa dan sedih adalah suatu kemampuan yang harus dimiliki bagi kalian yang ingin dihargai oleh orang lain. Berikan dia dukungan jika sedang kecewa, tertekan, dan sedih. Tenangkan dia ketika marah. Dengan demikian orang lain akan merasa bahwa kita adalah teman yang bisa di andalkan.

4. Jangan Memaksa

Please, di paksa itu tidak lah enak. Jangan pernah memaksa seseorang untuk mengikuti apa yang kita mau, hal ini karena akan membuat mereka menjauhi kita. Kita akan di anggap egois, bar-bar, dan apaan sih nih orang. Maka dari itu hindari lah pemaksaan.

5. Gunakan Bahasa Yang Baik Dalam Berkomunikasi

Banyak diantara kita yang benci terhadap orang lain karena tata bicaranya yang tidak di filter dahulu, atau asal ngomong sehingga menyakiti hati. Saya sering menjumpai teman semacam ini, dan ya saya maafkan. Karena menurut saya ini adalah hal sepele. Hindari lah berbahasa yang buruk dalam berkomunikasi.

Tujuan Menghargai Orang Lain


Poin penting menghargai adalah dihargai. Itu saja. Saya seperti nya tidak perlu menulis panjang lebar bagaimana tujuan menghargai karena tujuan penting nya ialah satu yaitu dihargai. Kita butuh penghargaan dari orang lain karena dengan demikian kita merasa hidup kita ada maknanya. Kita merasa kita dibutuhkan, kita merasa di anggap, kita merasa bukan beban orang lain, kita merasa aku hidup ada yang perduli.

Baiklah sekian tulisan saya kali ini. Semoga membantu.....

0 Response to "Jangan Sampai Di Abaikan! Inilah Pentingnya Menghargai Orang Lain"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel