Jangan Salah Beli Ya! Inilah Jenis-Jenis Dedak/Bekatul Beserta Harganya


Rekan-rekan dirumah, apa kabarnya nih? Semoga baik-baik saja ya. Ketemu lagi dengan saya, mamang drajat yang selalu memberikan inovasi, solusi dan ide kepada rekan-rekan dirumah.

Kali ini, kita akan membahas yang namanya dedak. Yap, dedak atau bekatul sebenarnya sama si, yaitu hasil sampingan dari penggilingan padi. Seperti yang kita tau bahwa produk sampingan dari gilingan padi yakni ada dua, yang pertama ialah dedak dan yang kedua ialah merang atau sekam.

Kedua produk sampingan ini semua bermanfaat, contoh sekam biasa digunakan sebagai media tanam yang subur. Sementara dedak biasa digunakan sebagai pakan ternak baik unggas maupun mamalia seperti sapi.

Kenapa dedak digunakan sebagai pakan ternak? ini tak lepas dari kandungan dedak yang tinggi protein dan serat. Perlu di ketahui bahwa protein dedak 11,3-14,4%, lemak 15,0- 19,7%, serat kasar 7,0-11,4%, karbohidrat 34,1-52,3% dan abu 6,6-9,9%. Wah gede juga yah.

Tak heran dedak atau bekatul sangat laris di pasaran sebagai pakan ternak. Karena ada potensi market yang besar membuat beberapa orang mencoba membuat dan meracik sendiri dedak untuk dijual sebagai pakan ternak. 

Inilah yang membuat munculnya beberapa jenis dedak. Apa saja jenis dedak dan harganya? Simak baik-baik.

Dedak Murni


Produk dedak murni ialah dedak unggulan tanpa di campuri bahan apapun. Dedak ini murni hasil sampingan gilingan padi langsung. 

Bentuknya halus dan lembut serta baunya khas enak harum. Dedak ini sangat disukai oleh hewan ternak karena kalau di campur dengan air itu pulen dan wangi.

Harga dari dedak murni lumayan mahal yakni di harga 4.000-6.000 /Kgnya di pulau jawa. Karena harga yang mahal ini maka munculah dedak semi untuk menggantikan dedak murni.

Dedak Semi


Dedak semi dihasilkan dari pencampuran dedak murni dan sekam yang digiling halus. Perbandingan sekam dan dedak murni menyesuaikan, dari 1:1 sampai 1:2. Semakin sedikit campuran nya maka semakin mahal harganya.

Bentuk dedak ini lebih kasar, baunya masih harum tetapi tidak seharum dedak murni. Untuk unggas masih doyan walau tidak sedoyan dedak murni.

Untuk harga dedak semi lebih murah dari dedak murni yakni di harga 3.000-4.000 rupiah /kg nya. Selain dedak semi masih ada lagi dedak kasar.

Dedak Kasar


Dedak yang satu ini dinamakan dedak kasar karena bentuknya yang kasar. Hal ini terjadi karena campuran gilingan sekam nya terlalu banyak. Untuk hewan ternak cenderung kurang suka karena tidak pulen dan baunya kurang harum.

Harga dari dedak ini murah yakni 2.000 perkilo nya. Untuk pakan unggas menurut saya kurang rekomended ya. Tetapi untuk komboran sapi gak masalah si, sapi tetap doyan.

Itu dia jenis dedak yang ada di pasaran, semoga tambah pengetahuan. Sekian dulu rekan-rekan. Terimakasih.

0 Response to "Jangan Salah Beli Ya! Inilah Jenis-Jenis Dedak/Bekatul Beserta Harganya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel