Pengamalan/Implementasi Pancasila Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa


Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia, lebih jauhnya sebenarnya apa sih itu idiologi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ideologi merupakan kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.

Lebih mudahnya, idiologi adalah cara pandang seseorang untuk membentuk karakter berpikir dalam memujudkan cita-cita atau keinginannya.

Idiologi terbentuk dari keyakinan, ide-ide pokok, kepercayaan dan gagasan. Setiap negara memiliki idiologi nya masing-masing. Begitupun dengan negara kita Indonesia. Negara kita memiliki idiologi yang hanya dimiliki oleh negara kita seorang yakni Pancasila.

Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia, ia tercipta dari pemikiran bangsa Indonesia itu sendiri. Pancasila berasal dari dua kata, panca dan sila. Panca berarti lima dan sila yang berarti asas.

Dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur dan cita-cita bangsa Indonesia. Pancasila diangkat dari nilai-nilai, adat istiadat, kebudayaan, nilai-nilai moralitas yang terdapat dalam pandangan hidup bangsan Indonesia.

Pancasila memiliki lima poin dasar yang dijadikan sebagai ideologi atau patokan masyarakat Indonesia dalam melakukan berbagai tindakan. Isi kelima sila tersebut adalah sebagai berikut :

  • Ketuhanan Yang Maha Esa.
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  • Persatuan Indonesia.
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sila pancasila diatas bukan hanya sekedar hiasan. Mereka adalah dasar hukum negara yang setiap silanya harus di implementasikan kedalam kehidupan sehari-hari tiap individu.

Untuk itu kami kali ini akan mengulas pengamalan Pancasila, sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

Contoh pengamalan pancasila sila pertama

1. Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan yang di peluknya.

Contoh:

A. Risqi memiliki ibu dan ayah yang beragama Islam dan sudah pasti ia juga merupakan seorang muslim. Bagi dirinya ia sangat meyakini dan percaya bahwa Allah lah satu-satunya Tuhan yang wajib dia disembah. Oleh karena itu ia taat mengerjakan perintah agama dan meninggalkan yang dilarang agama.

B. Joko selalu taat mengerjakan sholat lima waktu karena itu merupakan kewajiban sebagai seorang muslim.

2. Hormat menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama lain agar tercipta kerukunan antar umat beragama.

Contoh:

A. Ketika hari raya idul fitri dan hari raya nyepi di Bali terjadi bersamaan, umat Islam di Bali juga menghormati hari raya nyepi dengan tetap berada di rumah.

B. Tidak menghina agama lain dalam bentuk apapun, baik dalam tulisan, kelakuan dan pembicaraan.

3. Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

Contoh:

A. Anton adalah seorang nasrani, ia mempekerjakan pembantu bernama Rudi yang beragama Islam. Anton sangat menghormati agama yang dianut Rudi dengan tidak menghalangi Rudi  untuk beribadah sholat lima waktu.

B. Tidak menggangu teman ketika sedang beribadah.

4. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.

Contoh:

A. Walau sebagian masyarakat timur Indonesia beragama non Islam, mereka tetap saling hormat menghormati tanpa memaksa orang lain untuk berpindah keyakinan.

B. Jangan memaksa orang lain untuk berpindah keyakinan.

Nah itulah contoh pengamalan pancasila sila pertama. Untuk pengamalan sila berikut nya kalian bisa Klik link ini.

0 Response to "Pengamalan/Implementasi Pancasila Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel