Cek, Inilah Daftar Sungai Terpanjang Di Jawa Timur

 

Seperti namanya, letak provinsi ini berada di sebelah timur pulau Jawa. Provinsi ini memiliki luas kurang lebih 47.800 Km2 dengan mayoritas masyarakat bersuku Jawa.

Kali ini, tidak jauh dari pembahasan seputar provinsi Jawa timur, kita akan membahas sungai terpanjang di provinsi ini. Baiklah apa sajakah itu.

Sungai Brantas


Sungai ini terkenal akan sejarah nya yang panjang dan berkesan. Sungai ini menjadi saksi berdiri nya kerajaan-kerajaan besar pada masa lalu, sebut saja Kerajaan Kahuripan sampai Majapahit.

Sungai Brantas, ialah sungai terpanjang kedua di pulau Jawa. Sungai ini memiliki panjang 320 km membentang dari lereng gunung Arjuna sampai bermuara di Selat Madura.

Bengawan Solo


Bengawan solo memiliki panjang 600 km yang membentang di dua provinsi sekaligus, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jadi tak ada salahnya jika Bengawan Solo juga termasuk sungai terpanjang di Jawa Timur.
Jika dibagi dua, panjang sungai yang berada di wilayah Jawa Timur sekitar 300 km. Cukup panjang.

Sungai Bedadung


Sungai kedua terpanjang di Jawa Timur ialah Sungai Bedadung. Sungai ini sendiri memiliki panjang 161 km dengan aliran sungai membentang dari Pegunungan Iyang sampai bermuara di Samudera Hindia.

Kali Widas


Kali Widas berletak di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Sungai ini memiliki panjang sekitar 65 km dengan muara sungai yakni di Sungai Brantas.

Kali Widas kerap kali menjadi pemicu banjir di Kabupaten Nganjuk. Hal ini terjadi karena sungai tidak dapat menampung debit air saat musim hujan sehingga terjadi luapan air yang menyebabkan banjir.

0 Response to "Cek, Inilah Daftar Sungai Terpanjang Di Jawa Timur"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel