Cara Memupuk Sikap Persatuan dan Kesatuan Dalam Masyarakat


Keberagaman ialah suatu karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang wajib kita syukuri. Kita wajib bersyukur lahir dan hidup di negara yang beragam ini. Yang wajib kita syukuri lagi adalah walau pun beranekaragam agama, suku, budaya dan adat istiadat tatapi kita masih bisa hidup dengan rukun, aman dan tentram. Sungguh nikmat yang luar biasa.

Kunci kerukunan yang selama ini yang kita rasakan sebenarnya berasal dari persatuan dan kesatuan yang terus di jaga oleh setiap elemen masyarakat. 

Persatuan dan kesatuan ini tentulah tidak tercipta dengan mudah, butuh proses bertahun-tahun agar tercipta kerukunan semacam ini. Butuh proses yang membuat setiap elemen masyarakat menyadari bahwa persatuan dan kesatuan itu adalah hal yang penting bahkan sangat-sangat penting.

Setelah tercipta persatuan dan kesatuan, hal yang penting yang harus kita lakukan ialah menjaganya. Cara menjaga nya bagaimana? Caranya ialah selalu memupuk rasa persatuan dan kesatuan ini agar tidak hilang tetapi malah terus bertambah hari demi hari nya.

Memupuk persatuan dan kesatuan bukanlah hal yang sulit, bahkan sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, baik oleh siswa, guru, pejabat, presiden, polisi dan petani sekalipun, siapapun tidak memandang latar belakang.

Kalian bisa melakukan beberapa hal ini di masyarakat untuk memupuk persatuan dan kesatuan. Apa sajakah itu? Inilah dia!


1. Tolong Menolong


Sudah menjadi kewajiban bagi setiap manusia untuk saling tolong menolong dalam hal kebaikan, siapa pun wajib kita tolong. Kita harus memberi bantuan jika memang kita bisa melakukan nya, tanpa mengharapkan imbalan tentunya. Nanti kita rugi lah, tentu tidak. Tuhan memiliki cara tersendiri untuk membalas kebaikan kita.

Dengan saling tolong menolong dalam hal kebaikan dalam kehidupan bermasyarakat, kehidupan bermasyarakat akan menjadi lebih indah, rukun, dan tentram. Masalah akan cepat teratasi dengan saling bantu membantu. Yang dibantu pun akan sangat merasa senang karena ternyata masih ada yang perduli dengan kesulitan nya.


2. Gotong Royong


Budaya gotong royong telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama bahkan sebelum Indonesia lahir. Masyarakat Nusantara sudah terbiasa melakukan pekerjaan secara bersama, saling bahu membahu menyelesaikan nya. 

Pepatah mengatakan ringan sama di jinjing berat sama dipikul. Pekerjaan yang di lakukan secara bersama akan lebih mudah di selesaikan dari pada menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan sendiri an. Beberapa contoh pekerjaan yang sering dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat Indonesia ialah membangun rumah, membangun jembatan, membangun jalan, bersih-bersih desa dan mempersiapkan upacara adat.


3. Mendahulukan Kewajiban Dari Pada Hak


Dewasa ini nampaknya orang-orang lebih menuntut haknya dari pada kewajibannya. Padahal sebelum dia mendapat hak kan haknya ia harus mengerjakan kewajiban nya terlebih dahulu. Lucu memang, bagaimana mau diberi hak kalau saja kewajiban nya belum di kerjakan.

Contoh kasus misalnya, banyak yang menuntut infrastruktur yang di kerjakan pemerintah itu bagus, cepat dan murah tetapi apakah semua masyarakat sudah sadar membayar kewajiban pajaknya. Nampaknya belum, karena data menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang telat bahkan tidak bayar pajak.

Untuk menjaga persatuan dan kesatuan, mendahulukan kewajiban itu penting karena menghindari sentimen sosial (iri) antar elemen masyarakat. Iri dengki tersebut tentu tidak baik karena akan memecah belah persatuan dan kesatuan.


4. Toleransi


Toleransi erat kaitannya dengan saling menghargai dan menghormati antar agama, suku, ras, budaya dan adat istiadat. Toleransi amat penting dilakukan oleh setiap individu agar tercipta kerukunan dalam masyarakat.

Ingat bahwa masyarakat Indonesia itu heterogen bukan homogen. Dalam suatu lingkungan saja dalam suatu masyarakat bisa saja terdapat keberagaman Indonesia didalamnya. Jika tidak ada rasa saling menghargai dan menghormati antar individu pastilah tidak akan tercipta kerukunan yang di impikan.


5. Bersikap Ramah


Bersikap ramah ialah cara terakhir untuk memupuk persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat. Dalam kehidupan bermasyarakat kemampuan bersosialisasi amatlah penting karena kita hidup pasti membutuhkan orang lain, orang lain tersebut bisa tetangga, saudara dan teman.

Untuk menjalin hubungan sosial tersebut dibutuhkan keramah tamahan dari diri kita agar diterima oleh masyarakat. Sikap ramah yang ditunjukkan oleh kita akan membuat orang lain menaruh hormat dan menghargai diri kita, inilah manfaat nya ramah kepada orang lain.

Baiklah sekiranya tulisan saya tidak perlu terlalu banyak karena poin-poin di atas sudah mencangkup semuanya. Terakhir kata dari saya jaga kesehatan dan tetap berada di rumah. Stay save and healthy


0 Response to "Cara Memupuk Sikap Persatuan dan Kesatuan Dalam Masyarakat"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel