Pengertian Kiamat Qubro dan Sugro Beserta Contohnya, Plus Cara Mengimani Hari Kiamat


Kiamat adalah peristiwa hancurnya seluruh jagat raya. Kiamat pasti akan terjadi tetapi tidak ada seorang pun yang mengetahui nya, hanya Allah lah yang tau kapan kiamat akan terjadi. 

Hal ini seperti yang telah di firmankan Allah pada surah Al-A'raf  ayat 187 yang berbunyi “Mereka menanyakan padamu tentang kiamat: "Kapan akan terjadi?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari akhir itu adalah pada sisi Tuhanku, tidak mampu seorangpun yang dapat menjelaskan kapan kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (kekacauannya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan secara tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari akhir itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui hal tersebut." Tafsir surah ini sendiri ialah bahwasannya hanya Allah lah yang tau kapan terjadinya kiamat itu terjadi.

Kiamat dibedakan menjadi dua, yakni kiamat qubro (kiamat besar) dan kiamat sugro (kiamat kecil). Adapun Pengertian nya dapat kalian lihat dibawah ini.

Kiamat Qubro


Kiamat qubro atau kiamat besar adalah hancur nya seluruh alam semesta kecuali Allah. Setelah Allah mematikan seluruh manusia kemudian Allah membangkitkan nya kembali untuk menimbang amal perbuatannya.

Waktu kiamat qubro tidak diketahui kapan terjadinya, hanya Allah lah satu-satunya yang tau akan hal ini. Walaupun tidak diketahui kapan terjadinya namun Allah telah memberi bocoran tanda-tanda kiamat qubro kepada Nabi Muhammad SAW.

Diantara tanda-tanda nya ialah:

  • Ditiupnya sangkakala oleh malaikat Isrofil.
  • Kemunculan matahari dari arah barat 
  • Munculnya pembawa fitnah {dajjal al masih}.
  • Munculnya kaum bernama ya'juj wal ma'juj.
  • Datangnya api dari arah timur (Yaman).
  • Jumlah perempuan berbanding lebih banyak dari laki laki.
  • Gedung-gedung lebih tinggi dari pada gunung.
  • Turunnya Nabi Isa a.s. untuk membunuh dajjal.
  • Musnahnya seluruh isi Al-Qur'an.

Kiamat Sugro


Kiamat sugro atau kiamat kecil adalah berakhir nya kehidupan sebagian makhluk di dunia ini, baik kematian individu maupun kelompok. Kiamat ini menjadi pengingat yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari agar kita lebih bertaqwa dan senantiasa beribadah kepada Allah.

Contoh kiamat sugro

1. Kematian Seseorang

Allah SWT berfirman dalam surah Ali Imran ayat 185 yang berbunyi “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan."

Setiap yang bernyawa pasti akan tiada, hidup di dunia sejatinya tidaklah selamanya. Akherat adalah kehidupan sejati dari manusia. Untuk mengingat kan manusia lain agar terus menjaga keimanan nya ialah dengan melihat peristiwa kematian seseorang. Dengan melihat kematian dalam sanubari pasti ingat bahwa kita juga akan berpulang.

2. Bencana Alam

Bencana alam adalah salah satu contoh kiamat sugro yang sering terjadi, bencana alam juga merupakan pengingat bahwa Allah adalah penguasa seluruh jagat raya. Kita di ingat kah dengan sebuah bencana bahwa kita tidak bisa melawan tuhan, kita ini mahluk yang lemah tak berdaya.

Cara Mengimani Hari Kiamat


Kita pasti kembali, kiamat pasti terjadi. Sebelum kita mati alangkah baiknya kita mempersiapkan bekal yang cukup untuk kehidupan berikutnya yang kekal abadi. Berikut ini ialah beberapa cara mengimani hari kiamat.

  • Mendekat kan diri kepada Allah.
  • Senantiasa bertaubat memohon ampun kepada Allah.
  • Menjauhi perbuatan dosa dan maksiat.
  • Berdoa agar terhindar dari fitnah Dajjal.
  • Meningkatkan iman dan ketaqwaan kapada Allah.
  • Memperbaiki diri.
  • Berperilaku baik.

Sekian lah artikel yang bisa saya tulis kali ini, ingat selalu jaga kesehatan di tengah pandemi ini. Stay save and healthy.

0 Response to "Pengertian Kiamat Qubro dan Sugro Beserta Contohnya, Plus Cara Mengimani Hari Kiamat"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel