Pengalaman Saya Bagaimana Cara Mengubah Kartu Indonesia Sehat (KIS) Menjadi BPJS PPU Penyelenggara Negara ASN/TNI/Polri

Selamat Pagi Dulur, bagaimana kabarnya hari ini. Semoga sehat dan selalu diberikan kelancaran rezki oleh gusti allah. Amiin. 

Sobat ijinkan saya berbagi pengalaman tentang apa yang telah saya alami kemaren tentang proses mengubah Kartu Indonesia sehat atau KIS menjadi BPJS PPU atau BPJS pekerja penerima upah setelah menjadi ASN/TNI/Polri. Monggo di simak nggeh.

Jadi gini, saya adalah asn tingkat pusat kementrian hukum dan hak asasi manusia, jabatan saya penjaga tahanan golongan pns II A. Alhamdulilah udah 2 tahun bekerja menjadi penjaga tahanan. Awal di angkat menjadi ASN saya di berikan gaji 100% dan di kasih beberapa rincian gaji berup slip gaji oleh bendahara kantor saya. Disana tertera semua baik gaji maupun potongan. 

Nah, saya merasa ada yang janggal yaitu potongan bpjs yang ada di kolom slip gaji. Ternyata saya semua ASN itu udah di potong automatis oleh pusat dalam hal ini pemerintah untuk iuran bpjs.

Itu artinya jika sampean atau kita yang sebelumnya memiliki BPJS KIS atau BPJS Mandiri harus diganti yaa. Mau gak mau, soalnya sayang potongan tiap bulan.

Kebetulan saya memiliki KIS atau kartu indonesia sehat jadi wajib mengganti dengan bpjs ppu atau peserta pekerja penerima upah.

Karena tak pikir susah dab ribet jadi saya paksakan cuti untuk mengubah kis menjadi bpjs ppu asn. Singkat cerita saya konsultasi dulu sama bendahara kantor, eh ternyata bendahara kantor ga tau cara mengubah KIS jadi BPJS PPU wkwkwkw. Jadi ternyata belum ada kasus seperti saya dimana sebelumnya punya KIS dan ingin mengubahnya menjadi bpjs PPU

Tetapi, dari bendahara cuman di kasih tau bawa slip gaji, FC KK, KTP sama surat pengunduruan diri penerima bantuan atau PBI. Kaya gini dan pakai materai 10.000 ya.

 Jadi saya manut dan segera ke kantor bpjs untuk mengurusnya.

Bagusnya nih, Ternyata kita bisa melakukan pengubahan data dimanapun loh sobat, semua kantor bpjs bisa. Saya KTP Banyumas dan mengurus perubahan di Cilacap bisa. 

Setibanya di kantor BPJS Cilacap itu saya samperin satpam nya dan mengutarakan maksud dan tujuan saya. Mas satpam nya ngarahin supaya ambil nomer antrian dulu setelah itu menunggu nomer antrian. Tak lama saya mengantri dan di panggil, kemudian saya bergegas menuju loket CS. 

Di loket saya bilang sama mbak nya bahwa saya mau mengubah KIS menjadi BPJS PPU. Mbak nya bilang, mas ada SK yang dilegalisir? Saya jawab SK nya udah disekolahin mba jadi gak bawa. Terus mbak nya bilang, Wah gak bisa mas harus ada Fc SK untuk perubahan data, tapi ini saya bantu untuk menonaktifkan KIS nya dulu yah mas, Besok kesini lagi bawa FC Sk buat mengubah KIS jadi BPJS PPU ya.

Owalah, jadi karena kurang SK aja harus balik nih hehehe.

Besok nya, saya bawa tuh syarat lengkap nya. Ada FC KK, FC KTP, FC SK dan tak butuh waktu lama jadi deh. Mantap.

Kesimpulan nya sobat.

Point Pertama

Kumpulkan Syarat nya terlebih dahulu seperti.

1. FC KK

2. FC KTP

3. FC SK yang dilegalisir

4. Formulir pengunduran diri bpjs KIS (dikasih nanti kalo gak punya +materai 10K)

5. FC BPJS KIS

Prosesnya nanti CS Menonaktifkan KiS nya terlebih dahulu dengan syarat FC KTP, FC KK, dan Formulir pengunduran diri. Setelah itu KIS nya di alihkan dan di ubah menjadi BPJS PPU. Nah mudah kan sobat.

Kartu bpjs nanti bisa di download di apk JKN, jadi registrasi dulu yaa kawan.

Point kedua.

Kita tidak bisa mengubah bpjs kis di online atau WA PANDAWA. Saya udah coba dan gak bisa. Kaya gini hasilnya.

Nah sobat sekian dulu yah tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat. Dadah.


0 Response to "Pengalaman Saya Bagaimana Cara Mengubah Kartu Indonesia Sehat (KIS) Menjadi BPJS PPU Penyelenggara Negara ASN/TNI/Polri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel