Jer Basuki Mawa Beya, Arti dan Maknanya Dalam Kehidupan Manusia


Sugeng Ndalu.

Ditemani secangkir kopi dan udud sampoerna mild, saat ini saya sedang memikirkan jalan hidup yang sudah saya tempuh dari kecil hingga dewasa ini. Ternyata Luar biasa, pengalaman hidup yang pahit dan manis sudah saya rasa. 

Nikmat...

Banyak...

Susah pun banyak...

Saya memikirkan banyak hal tentang kehidupan yang saya alami, setelah di pikir ternyata benar bahwa ada sebuah pepatah jawa yang berbunyi “Jer Basuki Mawa Bea”. Pernahkah kalian mendangar pribahasa ini? Pasti pernah.

Setelah dipikir-pikir, ternyata memang benar. 

Jadi gini...

Makna dari Jer Basuki Mawa Bea ialah kebahagiaan atau kesejahteraan, butuh biaya dan pengorbanan.

Atau bisa di artikan bahwa sebuah cita-cita, keinginan, atau sesuatu yang kita incar membutuhkan pengorbanan. Pengorbanan tidak melulu soal uang loh, tetapi bisa tentang usaha tenaga, pikiran, dan waktu yang kita korbankan.

Semisal gini. 

Ada seseorang yang ingin sekali menjadi dokter entah tujuan nya menjadi dokter biar hidup sejahtera atau ingin menolong sesama, dalam menggapai cita-cita tersebut dibutuhkan bea yang bukan hanya sekedar uang, tetapi juga tenaga dan pikiran. 

Uang saja gak cukup tanpa di barengi dengan pengorbanan tenaga dan pikiran. Semua cita-cita pasti membutuh bea, keinginan pun sama.

Berarti orang yang gak punya uang tidak bisa meraih cita-cita mas? Ya gak adil.

Sebentar, gak juga. Banyak teman-teman saya yang notabenenya kurang mampu bisa kok sukses dan meraih cita-citanya. Ingat bung, banyak jalan menuju roma. 

Mau jadi dokter, banyak beasiswa.

Mau jadi pns? Pns gratis bos..

Tapi saya gak ada ijasah S1 apakah bisa jadi pns? Ya bisa atuh.

Banyak sekarang alokasi CPNS SLTA, contoh kemenkumham membuka alokasi cpns penjaga tahanan sama imigrasi. Itu dari SMA/SMK bisa. Terus kejaksaan, Polisi Hutan, dan masih banyak lagi. Di tambah kalau kurang dari basarnas sama KAI. Semua ada alokasinya buat SLTA.

Yang penting mau berkorban tenaga dan pikiran karena yang gratis banyak saingan. Berat? Pastii.. 

Yap sekian dulu umm, tulisan saya kali ini. Saya mau melanjutkan ngopiii..

0 Response to "Jer Basuki Mawa Beya, Arti dan Maknanya Dalam Kehidupan Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel