Cara Mengobati Otter Yang Terkena Virus Calici! Tanda-nya Sariawan, Radang, Serta Air Liur Berlebih Pada Mulut

Halloo kawan, bagaimana kabarnya? Baik. Alhamdulilah ya.

Kalian sudah tepat dan benar mampir disini, karena apa? Karena ulasan kali ini akan menjawab apa yang sedang otter kalian alami dirumah.

Otternya sakit yaa? Kasian yaa.

Gelisah kan lihat otter kesayangan merintih kesakitan, lemas dan enggan makan. Yap, kondisi seperti itulah yang telah saya alami beberapa minggu yang lalu dimana otter-otter kesayangan saya mengalami penyakit yang serius yakni sariawan, radang, serta mulut selalu berlendir.

Saya bingungkan karna baru pertama kali nya otter sayang mengalaminya. Aduh kenapa ini ya? Pikir saya.

Setelah saya melakukan riset dan mencari di mbah Google dan mbah Yutub ternyata otter saya mengalami penyakit yang di sebabkan oleh virus. Penyakit ini dinamakan calici. Calici di sebabkan oleh virus Feline Calicivirus (FCV).

Virus ini menular dan sebenarnya sering menyerang kucing tetapi kenapa otter saya juga bisa kena ya, apa mungkin ada kesamaan gen antara kucing dan otter ya. Wkwkw.

Gejala awal dari penyakit calici adalah napsu makan oter berkurang karena mulutnya sakit, radang dan luka pada mulut, dan mulut otter selalu berlendir. Pokoknya kasian banget lah. 

Apesnya kucing yang terkena calici tetapi tidak ditangani dengan baik dan benar adalah kematian, berarti untuk otter juga sama. Penyakit calici bisa dikatakan mematikan.

Tetapi jangan risau kawan, saya memiliki 3 otter. 2 di antaranya terkena calici virus tetapi kini sudah sembuh berkat treatmen yang saya lakukan. Penasaran pengobatan apa yang saya berikan, simak sampai habis ulasan nya.

Bawa Ke Dokter Hewan.

Segera bawa otter kalian ke dokter hewan karena penanganan ini adalah penanganan terbaik yang bisa dilakukan. Jika enggan, karena beberapa alasan seperti gak ada dokter hewan di sekitar kita, takut mahal serta otter nya galak sehingga tidak bisa di masukan ke kotak hewan maka ada opsi kedua yakni penanganan sendiri.

Isolasi Otter Yang Sakit.

Layaknya corona, korban dari virus calici juga harus kita isolasi dan pisahkan dengan otter lain. Selain untuk menghidarkan otter yang lain tertular juga dapat memaksimalkan pengobatan.

Beli Jarum Suntik 1 ml.


Jarum suntik ini untuk menyepet obat ke mulut otter, beli di apotek harganya 3 ribu. Jangan lupa copot jarumnya.

Belikan Obat Kandistatin dan Yusimox

Kandistatin adalah?


Kandistatin adalah obat anti jamur yang mengandung nystatin untuk mengobati kandidiasis atau sariawan pada rongga mulut. 

Yusimox adalah?


Yusimox adalah obat antibiotik yang mengandung Amoxicillin yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri serta menyembuhkan infeksi.

Dosis dan Pemberian Obat.

“Sebelum mengobati alangkah baiknya mulut otter di bersihkan dahulu dengan air hangat agar bersih.”

1. Kandistatin.

Kandistatin di berikan kepada otter 15 menit sebelum makan 2 sampai 3 kali sehari, dosisnya 0.4 ml. Contoh, Pagi hari sebelum memberikan otter kalian makan cekoki dulu otter kalian dengan kandistatin, usahakan semua bagian mulut terkena cairan ini. Begitupun siang dan malam hari.

2. Yusimox.

Setelah pemberian kandistatin, 30 menit-1 jam berikutnya berikan Yusimox. Yusimox diberikan bisa 2 kali sehari saja yakni pagi dan sore hari yang penting jeda waktunya 8 jam. Dosisnya 0,5 ml/kg berat badan otter. Contoh, otter kalian beratnya 3 kg berarti yusimoxnya 1.5ml. Paham? 

Harusnya paham si.

“Setelah penanganan cuci tangan dengan sabun sampai bersih serta cuci kembali jarum spetnya untuk digunalan kembali.”

Berikan Makanan Yang Bergizi.

Kalian bisa menambahkan beberapa vitamin seperti minyak ikan dan nutrigel plus pada makanan otter agar lekas sembuh dari penyakitnya.

Semoga ulasan ini membantu.....sekian duluu...

0 Response to "Cara Mengobati Otter Yang Terkena Virus Calici! Tanda-nya Sariawan, Radang, Serta Air Liur Berlebih Pada Mulut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel