Dianggap Tidak Berguna Dan Musuh Manusia! Inilah Manfaat Nyamuk Yang Luar Biasa Bagi Kehidupan Mahluk Hidup


Nyamuk telah ada di bumi sekitar 226 juta tahun yang lalu, bahkan nyamuk lebih duluan ada dari pada kupu-kupu dan lalat. Dan  yang aneh adalah bentuk tubuh dari nyamuk dari zaman prasejarah sampai zaman ini tidak ada perubahan atau evolusi sama sekali. Yang berbeda hanya ukurannnya saja yang mengecil. Hal ini sama seperti buaya dan ular.

Hewan pemangsa darah ini termasuk dalam famili culicidae dan berkerabat dekat dengan lalat. Tercatat 3600 sepesies nyamuk tersebar di seluruh dunia. Untuk belahan bumi antartika yang dingin, nyamuk adalah hewan yang langka dan sulit di temukan.

Hal ini mengartikan bahwa nyamuk tidak suka hidup di tempat dingin yang ekstrim. Itulah sebabnya negara dengan iklim tropis yang hangat menjadi habitat paling pas untuk nyamuk hidup dan berkembangbiak. Beberapa negara seperti thailand, indonesia, brazil, afrika dan australia tercatat merupakan negara dengan ekosistem nyamuk terbesar di dunia.

Keberadaan nyamuk menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang, hal ini karena banyak sekali penyakit yang di tularkan oleh hewan ini. Bahkan penyakit mematikan sekalipun, seperti DBD, Cikungkunya dan malaria. Makanya hewan ini di anggap sebagai hewan yang tidak memiliki manfaat dan harus di musnahkan.

Namun apakah kalian menganggap nyamuk adalah hewan hama yang tidak memiliki manfaat sedikitpun? Kalian salah. 

Ternyata nyamuk memiliki manfaat yang cukup besar dalam kehidupan mahluk hidup baik manusia maupun hewan di alam liar. Nggak percaya? Simak ulasan ini sampai habis ya.

Agen Penyerbuk Bunga.

Kita tahu bahwasayanya tanaman tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri. Di butuhkan bantuan mahluk hidup atau alam untuk melakukan penyerbukan yang sempurna. Mungkin bagi kalian agen penyerbuk bunga hanya kupu-kupu dan lebah, tahukah kalian jika nyamuk juga menjadi agen penyerbuk alami tanaman.

Yang menjadi agen pennyerbuk ialah nyamuk jantan. Nyamuk jantan berbeda dari nyamuk betina, nyamuk betina menghisap darah untuk menghasilkan protein untuk memproduksi telur sementara nyamuk jantan memakan tidak menghisap darah tetapi menghisap nektar bunga.

Menyadarkan Manusia Pentingnnya Hidup Bersih.

Nyamuk sangat suka bersarang di tempat yang banyak terdapat barang-barang tidak terpakai seperti ban bekas, toples, perabotan rusak dan sebagainya. Semakin jorok dan tidak sadar akan lingkungan kita tinggal menjadikan lingkungan kita sabagai habitat para nyamuk.

Akhirnya adalah jumlah nyamuk semakin membludak dan menyebarkan berbagai macam penyakit seperti DBD, Dangue, Cikungngunya, dan Berbagai macam penyakit yang di sebabkan oleh nyamuk.

Dengan adanya populasi nyamuk kita menjadi sadar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Agar apa? Agar terhindar dari penyakit, bukan hanya malaria tetapi penyakit lainnya.

Nyamuk Adalah Sumber Rejeki Banyak Orang.

Saya akan membawa kalian untuk berpikir dan merenungkan bahwa nyamuk sebenarnya membawa rejeki bagi banyak orang. Ah masa si? Yang bener. Bener!.

Coba kalian pikirkan berapa banyak pabrik obat nyamuk yang di indonesia? Banyak. Nah dari pabrik obat nyamuk ini, berapa banyak orang yang bekerja dan mencari nafkah di dalamnya, pasti jutaan orang. 

Ini baru di indonesia! Belum dunia.

Belum lagi pabrik raket nyamuk, semprotan nyamuk, alat pengusir nyamuk. Itu baru turunan dari obat nyamuk dan pengusir nyamuk.

Saya belum menyebutkan beberapa turunan dari sektor kesehatan yang berkaitan dengan nyamuk, ada dokter, perawat serta peracik obat untuk menyembuhkan penyakit yang di akibatkan nyamuk. Luar biasa kan.

Jutaan orang hidup dari adanya nyamuk!.

Coba banyangkan jika nyamuk tiba-tiba punah, berapakah orang yang akan kehilangan pekerjaan nya. Banyak banget!

Makanan Ikan Kecil, Serangga dan Hewan Predator lain nya.

Jangan meremehkan nyamuk, percaya atau tidak hewan ini menjadi pondasi rantai makanan di berbagai macam ekosistem. Di perairan nyamuk menjadi makanan ikan kecil dan larva capung. Di ekosistem darat nyamuk menjadi makanan dari beberapa hewan seperti kadal, serangga, cicak dan lain sebagainya.

Banyak hewan menggantungkan hidupnya dari memakan nyamuk. Jikalau nyamuk punah, ikan kecil tidak akan mendapat makanan, hasilnya populasi ikan menyusut lambat laun. Polulasi ikan yang menyusut menjadikan para pencari ikan mengalami kerugian.

Ini baru ikan, belum hewan yang lain.

Memang dampaknya tidak langsung terasa, namun berjalan sangat lama. Tetapi dampaknya begitu besar bagi banyak kehidupan.

Apakah saya berlebihan? Tentu tidak. Semua yang saya tulis itu logis. Semua nyambung dan saling berkesinambungan. Dari hewan kecil seperti nyamuk ini ternyata memiliki manfaat yang sebenarnya luar biasa besar bagi kehidupan.

Namun, ada kelebihan pasti kekurangan. Sebanding dengan manfaatnya, keberadaan nyamuk juga memiliki banyak dampak negatif bagi mahluk hidup. Seperti maraknya wabah penyakit yang di timbulkan oleh nyamuk dan dampak negatif lainnya.

Baiklah seperti itulah ulasan saya kali ini, silahkan di ambil yang baik. Sampai jumpa lain artikel.

0 Response to "Dianggap Tidak Berguna Dan Musuh Manusia! Inilah Manfaat Nyamuk Yang Luar Biasa Bagi Kehidupan Mahluk Hidup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel