Cek Daftar Sungai Terpanjang Di Pulau Jawa

Sungai adalah aliran air di permukaan bumi yang berbentuk memanjang dan mengalir secara terus menerus dari hulu ke hilir. Arah aliran sungai mengikuti sifat air, yakni mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Sungai biasanya bermula dari gunung atau dataran tinggi menuju ke danau atau lautan.

Di pulau Jawa, kita dapat menjumpai sungai dengan panjang beratus-ratus kilometer. Sungai yang besar ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh untuk mencari ikan, sarana rekreasi, olahraga dan sebagainya.

Dibawah ini, kami telah merangkum beberapa sungai terpanjang di pulau Jawa. Apa sajakah itu? Inilah dia.

1. Bengawan Solo (548,53 km)



Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Jawa tengah sekaligus terpanjang di Pulau Jawa. Sungai ini memiliki panjang 548,53 km dan mengaliri dua provinsi sekaligus yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bengawan Solo memiliki hulu di Lereng Gunung Lawu dan mengalir melintasi berbagai kota besar seperti Wonogiri, Solo, Ngawi, dan Bojonegoro sebelum akhirnya bermuara di Laut Jawa.

2. Sungai Brantas



Sungai ini terkenal akan sejarah nya yang panjang dan berkesan. Sungai ini menjadi saksi berdiri nya kerajaan-kerajaan besar pada masa lalu, sebut saja Kerajaan Kahuripan sampai Majapahit.

Sungai Brantas, ialah sungai terpanjang kedua di pulau Jawa. Sungai ini memiliki panjang 320 km membentang dari lereng gunung Arjuna sampai bermuara di Selat Madura.

3. Sungai Citarum (270 km)



Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat. Sungai ini memiliki panjang 270 km membentang dari kaki Gunung Wayang sampai bermuara di Laut Jawa.

Nama Citarum berasal dari dua kata, yakni ci atau cai yang berarti sungai dan tarum adalah sejenis tanaman penghasil warna nila. Dahulu tanaman ini banyak ditemukan di sungai ini.

4. Sungai Serayu (180 km)



Sungai terpanjang ke empat di pulau jawa yakni Sungai Serayu yang memiliki panjang 180 km. Sungai ini berhulu di Lereng Gunung Prahu, Wonosobo dan bermuara ke Samudra Hindia, Cilacap.

Sungai Serayu menjadi kebanggaan tersendiri bagi beberapa kabupaten yang dilintasi nya, seperti kabupaten Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas dan Cilacap. Sungai ini dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik (Waduk Mrican) dan juga sarana olahraga seperti arum jeram.

5. Sungai Cimanuk (180 km)



Sungai Cimanuk merupakan salah satu ikon kota Indramayu, karena menjadi salah satu sungai terpanjang yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Total panjang sungai dari hilir ke hulu yakni 180 km

Mengalir dari hulu yang berada di sekitar Kabupaten Garut, kemudian melawati Kabupaten Sumedang, Majalengka hingga berakhir ke hilir di daerah Indramayu.

0 Response to "Cek Daftar Sungai Terpanjang Di Pulau Jawa"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel