Kesan Pertama Ketika Masuk Sebagai Penjaga Tahanan Di Pulau Nusakambangan


Selamat pagii, sudah lama banget kayanya gw berhenti nulis di blog ini. Udah lebih dari satu tahun kayanya. Alesan kenapa vakum cukup lama nulis ya karena gw mau fokus dulu ke ujian masuk CPNS di kementerian hukum dan ham sebagai penjaga tahanan

Gw daftar tes pertama itu akhir tahun 2019, tes nya dari administrasi, cek berkas asli, sampai ujian CAT. Dikarenakan adanya pandemi yang seharusnya SKB dilaksanakan pada tahun yang sama namun di undur sampai tahun selanjutnya yakni akhir tahun 2020. Ya Alhamdulillah juga si jadi ada persiapan panjang untuk menghadapi tes SKB. Setaun bro nganggur...

Dan Alhamdulillah usaha tidak menghianati hasil. Gw masuk menjadi CPNS penjaga tahanan di kanwil Jawa tengah dengan ranking 122 dari 298 orang se-Jawa tengah. Tunas pengayoman katanya. Hehehehe

Singkat cerita nih ya, sebagian besar penerimaan CPNS tahun 2019 itu di tempat kan di UPT se Nusakambangan. Dan mungkin penerimaan CPNS 2021 yang banyak banget tuh sampe 500 orang nanti juga ditempatkan di sana juga.

Sebenernya gw udah bershukur banget bisa keterima menjadi bagian dari keluarga besar kementrian hukum dan ham, jadi gw gak pikir mau di tempat kan dimanapun gw siap. Dan gw akhirnya di tempat kan di Nusakambangan, ya gak papa si sebenarnya lumayan deket juga sama rumah beda satu kabupaten tok.

Awal Berangkat.......

Gw masih inget betul waktu itu di suruh berangkat pada tanggal 4 Januari 2021, gw seneng banget karna setelah sekian lama nganggur akhirnya dapet kerjaan juga. Singkat cerita para CPNS di haruskan berkumpul di pelabuhan wijayapura pada pukul 08.00 tanggal 4 Januari 2021 untuk nanti di seberang kan ke pulau penjara Nusakambangan. Ngeri juga kan yaa, hehehe.

Semua persiapan gw udah siapkan dari baju dan perlengkapan lain nya sehari sebelumnya. Gw bawa tas dua udah cukup, di bawa depan dada sama punggung gak pake koper" an karena berat. Dan ga punya mobil juga mau pake apa bawa dari rumah ke sana.

Gw berangkat dari rumah jam 5 pagi waktu matahari aja masih nongol dikit di timur sana. Gw di anter sama abang, ibu sama bapak naik motor semua. Sampai di pelabuhan wijayapura pukul 6 lebih 15 menit dan disana udah banyak banget CPNS berbaju putih hitam sama keluarga yang mengantarkan.

Hal yang pertama gw lakukan sebelum pergi yaitu pamitan dulu sama orang tua, ini loh anakmu mau pergi dulu. Selanjutnya gw nyari tuh temen se leting (angkatan) se UPT atau selapas. Ada 9 orang karna lapas gw kebagian CPNS 10 orang.

Kita ributlah di grup WA nyari mereka, dan akhirnya ketemu semua 10 orang termasuk gw. Waktu itu ada senior yang baik 2 orang njemput kita 10 orang ini yang masih lugu buat nunggu di pintu masuk pelabuhan.

Jam 8 pintu gerbang Pelabuhan Wijayapura dibuka, seluruh CPNS di barisan sesuai UPT nya masing masing. Ada yang dari Bapas, Lapas Terbuka, Besi, Batu, Narkotika, Kembang kuning, Permisan, Pasir putih, dan Karanganyar. Semua kumpul dan berbaris rapi menjadi satu.

Kita dikumpulkan di depan kapal pengayoman IV. Kita diberi nasehat dan amanat dari seorang senior badannya gede, keras pokonya mencerminkan sipir banget. Setelah satu jam di jemur akhirnya di suruh naik ke kapal untuk di seberang kan ke pulau Nusakambangan.

15 menit telah berlalu dan akhirnya kapal yang membawa ratusan CPNS itu bersandar di pelabuhan Sodong Nusakambangan. Semua CPNS turun kemudian di bariskan rapi sesuai UPT nya masing-masing untuk mengikuti upacara penerimaan CPNS 2019. Upacara telah selesai dan masing masing CPNS di jemput oleh UPT nya sendiri-sendiri.

Gw masing ingat betul kita dijemput oleh dua orang bapak-bapak. Yang satu sudah berumur agak tua dan yang satunya masih muda. Yang bapak muda ini keras banget bawaan nya, kita dibariskan sambil di tabrak pake badanya yang rada gempal itu, agak mental juga. Waduh nih orang galak nya bukan maen dalam hati gw. Sambil teriak pake nada keras suruh kita naik ke angkutan sambil berlari. Lariiii..

Semua udah masuk truk angkutan, 20 menit kemudian kita semua sampai di UPT tempat kita bekerja Lapas Kelas II a Kembang Kuning. Singkat cerita kita di suruh masuk kedalam lapas yang sebelumnya gw gak ada bayangan lapas tuh kaya apa. Singkat cerita disana kita melakukan perkenalan dulu dengan pegawai para pegawai dan pejabat yang ada. Setelah usai kita makan siang bersama. Dan abis itu sorenya kita boleh pulang menempati rumah dinas yang telah disediakan untuk satu tahun ke depan. 9 orang dalam satu rumah dinas, yang satu cwe dia di beri rumah dinas terpisah.

Pengalaman hari pertama di pulau penjara ini menurut gw kaya gini.

Alam-nya Masih Asri dan Sepi

Gw gak pernah ke Nusakambangan sebelumnya jadi gw bener-bener gak tau ini pulau kaya apa. Setelah sampai di sini ternyata suana alam nya masih asri dengan udara yang menyejukkan. Disini sepi jarang ada orang, kendaraan besar pun jarang. Hanya yang sering mondar-mandir kendaraan roda dua dan itupun para pegawai lapas yang pulang pergi melintasi jalan. Pokoknya sepi, enaklah bagi kaum introvert yang seneng menyendiri.

Banyak Binatang Liar

Pertama dateng ke Nusakambangan sini udah di sambut sama lutung hitam yang sedang bermain di atas pohon besar tepi jalan. Gak cuma lutung setelah berhari-hari dan berbulan-bulan di sini gw nemuin berbagai macam ular ada ular weling yang Segede gagang sapu, ular kobra yang gedenya se-lengan, ular gibuk, ada kancil, babi, macan, luwak, belacan, wah pokonya kaya kebon binatang lah lengkap.

Gak Ada Sinyal

Ini yang gak gw suka di sini yaitu ga ada sinyal, paling banter cuma ada satu bar itupun cuma sinyal kartu Smartfren yang lain semua ambyar. Ternyata setelah gw bertanya kepada senior kenapa ga ada sinyal yakni karena ada alat pengganggu sinyal yang sengaja di pasang agar kawasan disini steril dari sinyal hpe hal ini untuk mengantisipasi agar napi tidak menggunakan hpe.

Satu satunya jalan untuk internetan cuma mengandalkan WiFi dari kantor, ya lumayan lah walau gak cepet-cepet amat yang penting bisa untuk WA an.

Jarang Ada Warung Makan

Di Nusakambangan warung makan bisa di hitung bro, nih ya gw hitung. Di sekitar lapas batu ada 2 warung,  di area lapas Kembangkuning ada 2 warung, di area lapas Permisan dan pasir putih ada 2 warung, di Karanganyar satu warung. Nah jarak antara lapas satu dengan yang lain cukup jauh jadi perlu usaha ekstra lah buat makan. Oh iya, harga barang di Nusakambangan juga agak mahal dibandingkan di Cilacap. Jadi rada boros kalau tinggal di sini lama.. hehehehe.

Hari Pertama Sampai Dua Minggu ke Depan

Satu Minggu pertama di isi dengan kegiatan pengenalan lingkungan kaya MOS lah di sekolahan, gak cuma pengenalan aja kita seminggu di didik semi militer. Udah pokoknya kaya mau jadi tentara udah tau kan kaya apa. Pokonya cape banget kalau abis kegiatan.. Disiplin harus benar-benar diperhatikan....

Minggu berikutnya udah mulai enak nih, latihan fisik dan gemblengan dari senior udah mulai berkurang tetapi masih agak keras juga. Selanjutnya kita di ajari struktur organisasi dan sebagainya mengenai lapas itu sendiri.

Minggu selanjutnya kita di berikan tugas bantuan untuk mengerjakan pekerjaan kantor, sambil belajar katanya senior. Abis itu kita pertama kali nih masuk kedalam lapas yang ternyata wow gak pernah ada banyangan gimana sebetul nya lapas.

Nusakambangan coy tempatnya para penjahat kelas berat ditahan, orang-orang di sini muka preman semua, tato dimana-mana sekujur tubuh juga ada, badanya gede-gede.

Kita di perbolehkan masuk kedalam area dimana warga binaan beraktivitas namun tetap dalam penjagaan regu jaga. Singkat cerita udah kita masuk tuh kedalam tralis sekat atau area dimana warga binaan boleh berkeliaran. Gw masuk tuh rasanya asing banget kaya masuk sarang gangster njir. Bayangan gw, gw kira bahaya nih masuk area ini, bakal di sorak-sorakin di tusuk pakai senjata tajam dan hal berbahaya lainnya. Dan ternyata tidak men, asli nggak kaya gitu. Mereka semua ramah banget njir, kita di hormati banget sama mereka. Kita dipanggil pak sama mereka asli gw kaget beneran.. hahahaha lucu parah.

Udah dulu ya sedikit cerita awal gw masuk sebagai penjaga tahanan di sini.. next gw bakal lanjutin cerita gw..

0 Response to "Kesan Pertama Ketika Masuk Sebagai Penjaga Tahanan Di Pulau Nusakambangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel