Berbagi Pengalaman Tentang Peraturan Satu Tahun Wajib Tinggal Di Nusakambangan Bagi CPNS Kemenkumham Kanwil Jawa Tengah


Selamat siang ndan, ijin menyampaikan informasi yang penting nih bagi calon pegawai negeri sipil kemenkumham yang kebetulan kebagian penempatan di Nusakambangan. Infonya apa, simak baik-baik biar gak ada salah paham di antara kita.

Selama menjadi CPNS seluruh formasi yang kebagian penempatan di Nusakambangan wajib tinggal di sana selama setaun. Peraturan ini sudah ada sejak lama, infonya sih dari tahun 2000, tapi mulai ketat ya tahun-tahun belakangan ini, 2007-2019.

Saya juga gan, sampai tulisan ini dibuat saya udah mau genap setaun tinggal disini. Eh iya, ngomong-ngomong saya CPNS angkatan 2019 nih, hehehehe.

Adapun pertanyaan yang mungkin temen-temen mau sampaikan adalah tinggal nya dimana mas? Di rusun/dirumah/mes?.

Untuk tempat tinggal masing-masing lapas memiliki kebijakan nya masing-masing. Jadi setiap lapas beda-beda yah gan. Setau saya, untuk CPNS balai pemasyarakatan (BAPAS) itu dibagi dua ada yang tinggal di rumah khusus (bagi yang cewe gan) yang jaraknya agak jauh dari Bapas dan yang satu lagi laki-laki nya tinggal di kantor Bapas itu sendiri.

Nah untuk Lapas Terbuka, mereka ada rumah dinas gan, begitupun Lapas Batu, Narkotika, Kembang Kuning, Permisan, dan Pasir putih. Sementara Lapas Karanganyar mereka tinggal di Lapas itu sendiri jadi disana ada ruangan buat mereka tinggal.
Untuk yang CPNS cwe nih gan, mereka ada yang tinggal di rumah khusus nih. Jadi rumah khusus atau di singkat rusus itu kaya rumah dines tapi buat pejabat, karena gak ada yang nempatin jadi di tempatin CPNS deh.

Sebenarnya di Nusakambangan ada rumah susun yang cukup gede, ada 3 lantai kalo nggak salah. Tapi gak di gunain buat tinggal CPNS nih, kemaren si beberapa bulan buat tinggal anak-anak dari poltekip.

Setelah pengumuman SPMT ( Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas) bagi CPNS 2019 SPMT nya itu tanggal 1 Desember 2020. Jadi kita dipanggil dan sudah bisa mulai bekerja pada tanggal 4 Januari 2020. Dari tanggal 4 tersebut sampai pelantikan kita harus dan wajib tinggal di sana.

Boleh pulang ngga mas? Jawabnya boleh tapi harus ada ijin dari pejabat yang berwenang di UPT nya. UPT singkat an dari, Unit pelayanan teknis.

Untuk angkatanku ya, aku mau sedikit cerita. Kita pulang itu setelah kita tinggal 3 bulan di sini yaitu Maret baru kita boleh pulang. Itu pun hanya 4 hari kalau gak salah, setelah itu ga bisa pulang lagi selain ada ijin. Setelah itu ada ijin lagi nih boleh pulang pas bulan Agustus.

Kalau kabur gimana mas? Kalau kabur dan ketauan bakal kena hukuman dan sanksi biasanya. Dan itu semua kena, bukan hanya njenengan loh. Satu salah, salah semua.

Terus kalau turun ke Cilacap gak nginep boleh mas? Boleh asal ada ijin juga, kalau gada ijin gak boleh..

Kesimpulan nya gini, IBL atau ijin bermalam diluar itu bisa di hitung beberapa kali. Dan pesiar boleh asal ada ijin jadi tergantung lapas kalian, kalau pejabat-pejabat atau atasan kalian baik ya Alhamdulillah pesiar mungkin bisa satu minggu sekali, tapi kalau atasan kalian susah ya mohon maaf. Pesiar susah apalagi IBL.

Oke nanti tulisan selanjutnya saya bakal bahas pesiar dan IBL yaa..

0 Response to "Berbagi Pengalaman Tentang Peraturan Satu Tahun Wajib Tinggal Di Nusakambangan Bagi CPNS Kemenkumham Kanwil Jawa Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel