4 Jenis Bahan Dasar Pembuat Kampas Rem/Disk Brake Sepeda Motor Yang Perlu Kalian Tau



Sugeng enjing lurr, pada kesempatan kali ini mas admin mau memberikan penjelasan singkat nih tentang disk brake/disk pad atau kampas rem cakram pada sepeda motor. Pembahasan nya si ringan cuman memberikan pemahaman tentang jenis bahan pembuat kampas rem sepeda motor. Kenapa saya ingin membahas tentang topik yang satu ini, alasannya sudah tentu karena bagian pengereman pada sepeda motor sangat lah penting bagi keselamatan berkendara. Jadi pastikan sedulur semua tau bahan apa si yang bagus digunakan di sepeda motor sedulur semua.

Kita sudah tau komponen pengereman pada sepeda motor amatlah penting, gunanya sudah pasti untuk menghentikan laju kendaraan pada kecepatan tertentu. Bayangkan jika motor yang sedulur gunakan remnya blong atau los, nyawa taruhan maseh. Banyak kasus rem blong pada kendaraan bermotor yang mengakibatkan kecelakaan. Ndak usag blong lah maseh, nda pakem pun bahaya juga ternyata. Untuk menghindari itu semua maka pilihlah bahan pembuat kampas rem yang bagus sesuai dengan kebutuhan.

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis sistem pengereman sobat, ada tromol dan juga cakram. Untuk tromol pamornya sekarang ini hampir tidak diminati lagi dari pada rem cakram. Sekarang kebanyakan motor memakai sistem pengereman cakram, contoh nih, Supra x 125, Vixion NVA, Cb150, CBR dan masih banyak lagi.

Langsung kepada pembahasan intinya aja, iyaa nda si.

Organik

Bahan pembuat kampas rem sepeda motor yang pertama ialah kampas rem cakram berbahan organik sedulur. Seperti namanya, kampas rem organik ini berasal dari bahan alami seperti serat tebu, kayu, karet, asbes, resin dan bahan lain yang di pres dengan tekanan tertentu sehingga menghasilkan kampas rem organik.

Ada beberapa kelebihan kampas berbahan organik ini lur, kelebihan yang pertama ialah kampas ini pakem ketika suhu cakram dingin. Jadi untuk pemakaian harian dengan jarak tempuh nda jauh-jauh banget kampas ini cukup rekomendasi lur.

Kelebihan yang kedua ialah piring an cakram sepeda motor bakal lebih awet karena kampas organik cenderung lebih lunak sehingga tidak terlalu mengikis piringan cakram. Kelebihan ketiga ialah harganya cukup terjangkau di kantong.

Sementara kekurangan kampas organik ialah kurang pakem ketika suhu panas sehingga tidak rekomended untuk jarak jauh selain itu juga kampas organik menghasilkan lebih banyak residu hasil gesekan antara kampas dan piringan cakram.

Semi Organik

Kampas rem atau disc brake berbahan dasar semi organik berasal dari campuran antara bahan organik dan logam. Seperti bahan resin, asbes, serat tebu dan kayu, kaca yang di campur dengan logam seperti besi, dan kuningan. Kalau di lihat secara langsung kampas jenis ini jelas banget terlihat serpihan logam nya.

Kebanyakan kampas rem yang beredar di pasaran Indonesia ialah kampas semi organik karena memiliki beberapa kelebihan antara lain. Masih pakem ketika suhu tinggi, harga terjangkau, awet dan tidak terlalu mengikis piringan cakram. Sementara kekurangan kampas rem ini ialah kurang pakem ketika suhu piringan belum panas.

Dilihat dari kelebihan nya maka bisa di simpulkan lur bahwa kampas semi organik bagus untuk harian dan juga jarak jauhan. Bagi yang seneng kebut-kebutan stop and go juga cukup rekomendasi namun ngebut di jalan raya nda seperti di sirkuit yaah lurr.

Metal

Seperti namanya, kampas rem jenis ini terbuat dari berbagai campuran logam full metal serta sedikit campuran asbes. Kampas berbahan metal sangat pakem ketika mengerem pada suhu rendah maupun suhu cukup tinggi, karena kepakeman ini maka kampas jenis metal tidak direkomendasikan untuk harian karena dapat mengakibatkan kecelakaan. Wes, bayangkan wae lur. Sampean pake disk pad ini dan coba langsung di jalan raya, ketika sobat mengerem langsung set berhenti tentu membayakan pengendara lain di belakang sobat. Iya kan.

Disk ini biasanya digunakan di sirkuit untuk motor balap serta pada motor-motor trail yang membutuhkan daya cengkram tinggi untuk akselarasi motor. Selain itu pada mobil dan juga kendaraan angkutan juga menggunakan kampas metal karena daya cengkeram yang kuat serta tahan panas.

Kelebihan kampas rem jenis ini tentu saja pakem banget pada suhu dingin maupun panas, sedikit menghasilkan residu, dan awet. Kekurangan nya sudah jelas boros piringan cakram serta harganya cukup mahal.

Keramik

Kampas berbahan dasar keramik ialah kampas yang paling jarang digunakan di masyarakat umum hal ini karena kampas keramik biasanya digunakan pada motor balap yang membutuhkan daya cekram tinggi serta tahan akan suhu panas. Bahan keramik digunakan karena daya cekram tinggi serta tahan pada suhu panas. Bayangkan jika motor balap menggunakan kampas organik pasti ngelos nda bakal ngerem. Harga dari kampas jenis ini juga malah lur, jadi yaa memang peruntukan nya bukan buat harian yaaaks.

Baiklah sedikit pembahasan kali ini semoga dapat menambah wawasan kalian lur, sekian..

0 Response to "4 Jenis Bahan Dasar Pembuat Kampas Rem/Disk Brake Sepeda Motor Yang Perlu Kalian Tau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel