Mending Pilih Kampas Rem/Disk Brake Motor Original atau After Market Yah?


Bagian pengereman pada sepeda motor amat penting kegunaan nya, baik untuk menghambat atau menghentikan laju kendaraan bermotor. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit pengalaman saya lur tentang bagusan mana sih kampas rem original atau afermarket?. Ini pendapat pribadi loh ya mas, menurut saya kaya gini. Kalau nda sepaham yo bebas monggo namanya aja pendapat. Hehehe.

Sering kali ketika part sepeda motor sudah saat nya ganti kita bingung nih mau pakai original atau AM, iya ngga sih. Terutama part yang sering ganti seperti kampas rem. Kita sering bimbang nih mau beli yang original atau AM, kalau beri original mahal. Mau pilih after market takut nda pakem.. walah bingung pokoke.

Untuk informasi saja lur, kampas rem yang umum di jual di pasaran Indonesia kebanyakan ialah kampas rem berbahan semi organik, baik original maupun after market. Umum nya kita menjumpai kampas dengan bahan dasar ini, campuran organik dan juga logam. Kelebihan kampas ini ialah kampasnya awet, tehan panas serta harga nya ramah di kantong.

Lanjut lur...

Motor saya Supra X 125 tahun 2008 dan New Vixion advance tahun 2016 keduanya saya pasangkan semua dengan disk brake after market atau imitasi lur yang harganya cuman 10 ribuan di olshop. Murah banget lur dari pada beli yang original yang harganya di atas 40 ribuan. Mayan bisa ngirit beberapa ribu, hehehe. Kalau di tanya pakem, Yo pakem lur.

Memang kalau part original sudah terbukti kualitasnya, sudah jelas pakem nya, harga bawa rupa kata orang tua jaman dulu. Tetapi part after market ngga kalah kok kualitas nya sekarang ini apalagi untuk kampas rem.

Saya beli di online shop kemaren dengan harga 10 ribuan itu merek nya Crun, murah banget untuk sekelas part sepeda motor. Bocoran aja nih lur sebenarnya semua merek after market yang beredar di pasaran dengan harny 10-15 ribuan an itu sama kualitas nya baik merek TRQ, Super Blast, ishima dan lain sebagainya  lur.

Beda harga kalau online dengan ofline, Kalau di toko langsung itu harganya agak mahal dikit ya lur, paling selisih 5 sampai 10 ribu.. ya semisal di olshop harga 10 ribu di bengkel harganya jadi 20 ribuan udah sekalian pasang. Murah lur dari pada yang original.

Menurut saya merek after market sama KW itu beda loh ya, kalau after market itu mereknya memang udah ada kaya yang udah saya sebutkan. Tetapi kalau KW itu merek yamaha, atau Honda dll cuman harganya tidak sesuai dengan yang asli atau palsu. Kalau saya mending pilih yang afermarket aja udah jelas mereknya dari pada KW merek original tapi palsu.. hehehehe.

Yang saya rasakan dan kenapa lebih memilih kampas rem after market seperti ini lur.

1. Harga Lebih Murah

Jika part original di bandrol dengan harga kisaran 40 sampai 60 ribu per item cukup mahal menurut saya, berbeda dengan kampas rem after market yang paling harganya cuman 10 sampai 25 ribuan. Irit setengah harga lur.

Untuk kualitas bagaimana mas? Menurut saya udah cukup bagus, pakep dan nda pernah ngeblong. Padahal saya pakai motor untuk harian dan jarak jauhan.

2. Piringan Cakram Lebih Awet

Keunggulan kampas rem original memang sangat lah awet di bandingkan part after market atau kw. Namun kelemahannya yakni piringan cakram akan lebih cepat terkikis dan habis, bisa dikatakan piringan cakram yang kalah. Kan logikanya nih mending beli kampas rem yang agak lunak sehingga piringan cakram awet dari pada beli yang keras piringan cakram nya cepat ganti.

Mahal mana ganti piring an sama ganti kampas rem, logika nya begitu maseh. Iyaa kan..

3. Gak Kalah Nggigit

Yang saya rasakan memang yang original tetep lebih nggigit namanya juga original sama kaya bawaan pabrik, kita ga bisa menolak pendapat ini. Namun, part after market yang harganya 10 ribuan itu gak kalah gigit juga lur, buat harian oke buat jarak jauhan juga oke oke aja, selama ini yang saya rasakan.

Ada rekomendasi saya nih buat kalian yang nyari kampas rem dibawah original juga harganya gak mahal-mahal banget. Kampas nya original merek itu tapi di bawah original bawaan pabrik. Merk itu ada aspirasi, indopart sama federal. Dah itu bagus juga harga nya nggak terlalu mahal.

0 Response to "Mending Pilih Kampas Rem/Disk Brake Motor Original atau After Market Yah?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel