Inilah Jenis Busi Yang Cocok Dipakai Di Mesin Sedot Air Irigasi Alkon CX100, GX160 dan GX200, Baca Biar Gak Gagal Paham!

Sugeng ndalu sedulur dimanapun kalian berada. Saya harapkan semua pembaca dalam keadaan baik dan sehat saja. Amiin.. tak lupa, saya juga mendoakan supaya sedulur dirumah lancar rejekinya dan barokah pastinya. 

Oh iya bagi yang belom kenal, saya kenalkan dulu ini adalah admin dasaguru yang kece badai, ahaaayy. Yang akan memberikan apapun yang kalian butuhkan seputar informasi.. hahahaha.

Intinya tulisan.

Berbagi pengalaman saja lur, saya seorang petani yang sedikit tau juga tentang mesin. Kebetulan dirumah ada mesin alkon atau sedot irigasi dari mesin jenis cx100 sampai gx200.. sayaa ada. 

Biasanya si mesin sedot air ini digunakan setahun sekali yakni cuman pada musim kemarau dimana air sangat sulit didapat. Karena eh karena diperlukan setaun sekali untuk mengairi sawah dan kebun alhasil busi mesin jadi gampang mati. Karena udah letooy. 

Pasti sedulur dirumah juga memiliki nasib yang sama, makanya mampir di blog saya. Sebelum lebih jauh, saya akan menjelaskan sedikit tentang komponen busi biar paham dikit.

Apa itu Busi

Busi pada dasarnya ialah komponen pada mesin apapun yang amat vital, fungsinya adalah meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh coil menjadi percikan api yang akan membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar. Jadi kalo gada busi, ya gak bakal terjadi pembakaran alhasil mesin gak akan hidup.

Kenapa Busi Bisa Rusak?

Sedulur pasti penasaran kenapa busi mesin bisa rusak, faktornya banyak dari kebocoran klep, stelan karbu yang gak pas, Umur Busi, korsleting pada aliran kelistrikan, mesin alkon terlalu dipaksa dan spesifikasi busi yang gak pas. Semua faktor itu ialah faktor yang biasa menyebabkan busi cepat rusak.

Ciri Utama Alkon Businya Rusak!

Biasanya alkon yang businya udah rusak atau lemah itu di tandai dengan susah hidup bahkan walau di choke. Kalaupun semisal hidup gampang mati.

Kalau Rusak Bagaimana Pak? 

Ganti lah masa mau di benerin, busi murah gak sampai 20 ribu kalau merek NGK.

Apakah Jenis Busi Mesin Gx Sama Dengan Mesin Motor?

Jawabanya ada yang sama ada yang gak.. kok bisa, di baca lagi ke bawah.

Jenis Busi Mesin Gx Alkon Sedot Air

1. Alkon Mini 10 dan 15 inc atau Wp10/Wp15

Alkon mini yang menggunakan mesin CX 100 ini menggunakan busi motor 2 tak jenisnya E6TC. Drat Businya menggunakan ukuran 21 mm karena busi motor 2 tak. INGAT E6TC bukan Bp7es karena terminal nut E6TC lebih besar dari Bp7es. Kalau di akali bisa yaitu ganti kop busi yang pas dengan  Bp7es. Tapi ribet kerja dua kali. Jadi walau sama sama busi motor 2 tak ternyata beda yak gees.

2. Alkon Wp20 dan WP 30 / Alkon Gx160 dan Gx200

Mesin sedot air 2 inc dan 3 inc ini paling banyak dibeli oleh masyarakat. Pokoknya mah paling umum dipakai jadi sparepart nya gampang di cari. Businya juga gampang.  

Alkon ini biasanya yah pakai busi dengan jenis yang sama yakni BP5ES. Buat informasi saja bahwa mesin gx 160 sampai gx 420 itu bisa pakai jenis busi ini.

Lah cuman ngasih tau segitu aja saya sedulur. Sedikit info yang semoga bermanfaat bagi sampean dirumah. Semoga mesin Gx nya bisa nyala kembali ketika sudah ganti busi. Amiin.

0 Response to "Inilah Jenis Busi Yang Cocok Dipakai Di Mesin Sedot Air Irigasi Alkon CX100, GX160 dan GX200, Baca Biar Gak Gagal Paham!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel