Pertimbangan Sebelum Membeli Alkon Mini 1.5 Inc!, Iniloh Kelebihan dan Kekurangan-nya


Musim kemarau hampir usai, namun beberapa daerah masih terlihat tandus karena kekurangan pasokan air, alhasil tanaman budidaya di area persawahan atau kebun tersebut layu, kurus dan letoy karena kurang minum. Untuk mengatasinya ialah menggunakan mesin sedot air sebagai opsi pengairan.

Namun bagi lahan pertanian yang dekat dengan sumber air seperti sungai serta akses jalan menuju kesana sangat mudah itu gampang tur penak. Berbeda jika sumber air jauh dan akses menuju ke sana sangatlah diluar nurul. Wah bisa gempor kaki dan pegal punggung jika membawa alkon yang gede dan berat. Wkwkwkw.

Sama kaya saya lur, lahan kebun saya jauh dari sumber air dan akses jalan menuju kesanapun sangatlah susah. Mau pakai mesin sedot air yang besar seperti gx160 atau gx200 harus di panggul 2 orang jika mesinnya mesin honda. Jika mesin cina lebih ringan, bisalah sendiri tetapi berat.

Akhirnya saya memutuskan membeli alkon mini 1.5 inc yang lebih ringan. Berat mesin sedot air ini kira-kira cuman 12 kiloan. Ringan bukan!

Nah, tulisan saya ini akan mengulas kelebihan dan kekurangan mesin alkon mini 1 inc atau 1.5 inc. Jadi baca sampai akhir ya lur.

Spesifikasi alkon wp10 atau wp15


Spek alkon yang akan saya ulas ini untuk semua jenis merek yah lur. Menimbang banyak sekali merek mesin sedot air yang memiliki spek yang sebenarnya hampir sama untuk alkon mini.

Diameter Output: Wp10 yakni 1 inc. Wp15 yakni 1.5 inc
Diameter Input: 1.5 inc
Berat: 12-13 kg
Maksimum Hisap: 4-5 Meter
Daya Dorong: 21 Meter
Kekuatan Mesin: 3 Hp
Kapasitas Mesin: 100Cc
Kapasitas Tangki Bensin: 1.4L
Kapasitas Oli: 500 ml

Dan itulah ulasan tentang spesifikasi mesin sedot air ukuran 1.5 inc dan 1 inc. Lanjut kita bahas kelebihan alkon mini ini.

Kelebihan Alkon Mini:


Ringan dan Mudah Dibawa
Berat alkon mini ini hanya 13 Kg jadi sangat ringan sehingga mudah di bawa kemanapun bahkan melintasi jalan yang susah di akses. 

Irit Bahan Bakar
Karena menggunakan mesin dengan CC yang kecil yakni 100 CC maka konsumsi bahan bakarnya pun lebih sedikit. Namun walau ber CC kecil tetapi tenaga nya lumayan lah.

Debit Air Yang Lumayan
Debit air yang keluar dari alkon ini ialah 7000 liter perjam. Jadi lumayan lah untuk menyiram kebun sekala kecil. Tetapi kalau 

Kekurangan Alkon Mini:


Harga Yang Sama Dengan Alkon 2 inc dan 3 inc
Untuk masalah harga memang harganya sama dengan alkon ukuran 2 dan 3 inc yakni berkisar antara 1.200.000-1.700.000 rupiah. Menurut saya jika sumber air memang masih memungkinkan untuk membawa alkon 2 atau 3 inc maka belilah alkon tersebut, hal ini karena debit air yang keluar dari alkon mini terbilang kecil.

Untuk sekala kebun kecil udah cukup, namun jika luas mau sampai jam berapa selesai menyiram tanaman. Jadi mending beli yang gede sekalian biar cepet selasai.

Spare Part Nya Susah
Memang benar spare part mesin alkon mini ini sangat susah. Alasanya karena tidak banyak orang yang suka dan membeli alkon mini 1.5 inc, alhasil toko pun enggan menyediakan spare partnya. Walau dikatakan sulit namun masih ada yang jual kok, cari saja di toko online masih ada yang jual.

Kekuatan Hisap Yang Kurang
Menurut saya yah, ini opini pribadi. Jika sampean mau menyedot air di sungai atau sumur dangkal yang debit air nya melimpah maka bisa menggunakan alkon mini ini. Tetapi untuk menyedot sumur bor yang dalam, bahkan jika permukaan air di bawah itu 5 meteran alkon ini gak bisa menghisap dengan maksimal. Jika dipaksa kasian mesin nya.

Nah itulah beberapa kekurangan dan kelebihan alkon mini yang dapat menjadi pertimbangan sedulur dirumah. Monggo di pertimbangkan lagi.

0 Response to "Pertimbangan Sebelum Membeli Alkon Mini 1.5 Inc!, Iniloh Kelebihan dan Kekurangan-nya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel