Jawaban Singkat, 1 Ubin Berapa Meter?


Pengetahuan umum tentang konsep menghitung luas tanah merupakan pengetahuan yang wajib kalian ketahui, mau tidak mau pasti kalian di tuntut untuk tau. Begitu pun saya temen-temen, saya orang awam yang tidak tau menahu tentang konsep menghitung luas lahan atau tanah sebelum nya, tapi saya dituntut untuk tau karena memang kebutuhan zaman nya begitu.

Saya tinggal di Jawa, di sini luas lahan tanah di hitung menggunakan satuan ubin. Tetangga saya menjual tanah dengan luas 10 ubin, nah per ubin di jual 5 juta. Itu artinya saya membutuhkan dana 50 juta untuk membelinya. Awalnya saya bingung satu ubin di berapa meter yaa?

Akhirnya saya tanya tuh ke orang tua, beliau pasti paham lah ya. Saya dijelasin tuh ternyata 1 Ubin itu sama dengan 14,0625 (3,75 × 3,75) meter² atau biasa di bulatkan menjadi 14 m².

Jadi.....

1 ubin sama dengan 14m².

Konsep menghitung luas tanah ini sudah diterapkan sejak zaman Hindia Belanda loh ternyata, dan bukan hanya di Jawa saja konsep luas ini di aplikasikan. Di Sunda istilah ubin di ganti menjadi tumbak, sementara di Kudus istilah ubin lebih dikenal dengan istilah ru. Tumbak, ubin dan ru memiliki satuan luas yang sama yakni 14 m². Oke temen temen udah terjawab kan pertanyaan nya.

 

8 Responses to "Jawaban Singkat, 1 Ubin Berapa Meter?"

  1. Berarti 1 ubin sama dengan 3,7 meter persegi yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ubin ya 14 meter persegi dong atau 3,75 x 3,75 meter persegi. Dibulatkan mjd 14 meter persegi. Koreksi jika salah.

      Delete
  2. AnonymousJuly 17, 2023

    Maaf kak mau tanya kalau lias tanah nya 19x9 berarti 1 ru nya berapa ya?

    ReplyDelete
  3. mau tanya kl 488 meter persegi berarti berapa ubin?

    ReplyDelete
  4. Kalo 50 ubin jd brp m² kak?

    ReplyDelete
  5. Ka kalau 345m brapa ubin ya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel